MODEL MANAJEMEN PELATIHAN KELAS IBU HAMIL BERBASIS KEBUTUHAN


Syamsulhuda Budi Musthofa, 0101612017 (2019) MODEL MANAJEMEN PELATIHAN KELAS IBU HAMIL BERBASIS KEBUTUHAN. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL MANAJEMEN PELATIHAN KELAS IBU HAMIL BERBASIS KEBUTUHAN]
Preview
PDF (MODEL MANAJEMEN PELATIHAN KELAS IBU HAMIL BERBASIS KEBUTUHAN)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Musthofa, Syamsulhuda Budi.2019. “Model Manajemen Pelatihan Kelas Ibu Hamil Berbasis Kebutuhan”. Disertasi. Program Studi Manajemen Kependidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof.Dr.Tri Joko Raharjo,M.Pd., Kopromotor Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd. Kons., Anggota Promotor Dr. Achmad Rifa’i RC, M.Pd Kata kunci : Manajemen pelatihan, Kelas ibu hamil, pendidikan ibu hamil, kebutuhan wanita hamil Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama tentang kesehatan ibu hamil dalam bentuk kelompok yang dipandu oleh fasilitator, yang biasanya adalah bidan atau tenaga kesehatan, dengan tujuan utamanya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu dalam menghadapi kehamilan dan pasca persalinan. Jumlah peserta kelas ibu hamil bervariasi dalam kisaran 10 ibu hamil dengan usia kehamilan 4 s.d 36 minggu yang dirancang untuk mendapatkan materi kelas ibu hamil, sedangkan untuk pelaksanaan senam ibu hamil pada rentang 20 s/d 32 minggu. Kelas ibu hamil yang difasilitasi oleh bidan atau tenaga kesehatan ini berpedoman dengan buku Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil (KIH) dan buku Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil serta menggunakan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Lingkup kajian difokuskan pada model manajemen pelatihan kelas ibu hamil berbasis kebutuhan. Tujuan yang ditetapkan adalah menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian model pelatihan kelas ibu hamil yang berbasis kebutuhan. Penelitian ini menggunakan disain penelitian pengembangan yang dimodifikasi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan validasi. Pada tahap pertama, data diperoleh dari wawancara mendalam, kuesioner dan observasi. Pada tahap pengembangan dilakukan kajian pustaka dan wawancara terhadap ahli serta tahap terakhir dilakukan uji validasi model pelatihan berbasis kebutuhan. Dari ketiga langkah tersebut sumber data berasal dari ibu hamil, bidan, kepala puskesmas dan pakar serta akademisi. Secara faktual, program pelatihan kelas ibu hamil berjalan dengan baik, artinya kegiatan tersebut telah dilaksanakan sebagaimana yang direncanakan, bahkan disupport dengan dana/anggaran yang tidak sedikit. Laporan kegiatan secara periodik juga dibuat dan dibahas dalam pertemuan formal. Model hipotetik yang dikembangkan adalah model pelatihan kelas ibu hamil berbasis kebutuhan yang didasarkan pada aspek kesehatan (faktor kerentanan) maupun non kesehatan (aspek marginalitas), yang setelah dilakukan uji validitas oleh para pakar/ahli dan praktisi, maka model tersebut dinyatakan cukup baik dan dlayak digunakan. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah bahwa untuk mengelola kelas ibu hamil perlu dilaksanakan asesmen, baik dari aspek kesehatan maupun non kesehatan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Manajemen pelatihan, Kelas ibu hamil, pendidikan ibu hamil, kebutuhan wanita hamil
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:12
Last Modified: 21 Oct 2020 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40335

Actions (login required)

View Item View Item