PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN POLA PENGASUHAN TERHADAP SOFT SKILL MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL PADA TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG
Sintha Yuar Ningga, 0102516016 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN POLA PENGASUHAN TERHADAP SOFT SKILL MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL PADA TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN POLA PENGASUHAN TERHADAP SOFT SKILL MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL PADA TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
SinthaYuarNingga, 2019. “Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Pola Pengasuhan Terhadap Soft Skill Melalui Kecerdasan Emosional PadaTaruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang” Tesis Program Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I:Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. Pembimbing II: Dr. Tri Suminar, M.Pd. Kata Kunci: Soft Skill, Pendidikan Karakter, Pola Pengasuhan, Kecerdasan Emosional Pembelajaran soft skill sebagai bagian dari upaya pembentukan sikap profesional. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Soft skill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal pada Taruna di PIP Semarang untuk mengembangkan dirinya dalam melakukan pekerjaan atau kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan pola pengasuhan terhadap kecerdasan emosional taruna, (2) menganalisis pengaruh pendidikan karakter, pola pengasuhan, dan kecerdasan emosional terhadap soft skill taruna, (3) menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan pola pengasuhan terhadap soft skill melalui kecerdasan emosional taruna Politektik Ilmu Pelayaran Semarang. Metode yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian seluruh taruna PIP Semarang yang berjumlah 1.189 taruna. Ukuran sampel penelitian sebanyak 175 orang taruna PIP Semarang dengan teknik sampling proporsional random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer, data dijaring dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis jalur dan uji Sobel untuk menentukan variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosional sebesar 0,1049 atau sebesar 10,49%, pengaruhnya positif dan signifikan, (2) pengaruh pola pengasuhan terhadap kecerdasan emosional sebesar 0,0543 atau sebesar 5,43%, pengaruhnya positif dan signifikan, (3) pengaruh pendidikan karakter terhadap soft skill sebesar 0,1927 atau sebesar 19,27%, pengaruhnya positif dan signifikan, (4) pengaruh pola pengasuhan terhadap soft skill sebesar 0,0789 atau sebesar 7,89%, pengaruhnya positif dan signifikan, (5) pengaruh kecerdasan emosional terhadap soft skill sebesar 0,2043 atau sebesar 20,43%, pengaruhnya positif dan signifikan, (6) pengaruh pendidikan karakter terhadap soft skill melalui kecerdasan emosional, baik langsung maupun tidak langsung adalah positif dan signifikan, dengan hasil uji sobel sebesar 2,835 dengan probability sebesar 0,002, (7) pengaruh pola pengasuhan terhadap soft skill melalui kecerdasan emosional, baik langsung maupun tidak langsung adalah positif dan signifikan, dengan hasil uji sobel sebesar 2,698 dengan probability sebesar 0,003. Disarankan: (1) bagi taruna untuk meningkatkan kemampuan soft skill nya, memperbaiki pendidikan karakternya, dan meningkatkan kecerdasan emosinya, (2) bagi pengasuh untuk terus menerus meningkatkan atau memperbaiki pola pengasuhan sesuai yang ditentukan lembaga, (3) bagi pimpinan di PIP Semarang untuk memberikan kebijakan yang baik dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter, perbaikan pola pengasuhan, dan peningkatan kecerdasan emosional terhadap peningkatan soft skill taruna PIP Semarang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Soft Skill, Pendidikan Karakter, Pola Pengasuhan, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > learning activity L Education > Special Education > Skills Educations |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40326 |
Actions (login required)
View Item |