PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUSUN HURUF ARAB (SURURAB) UNTUK KETRAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Hamzah Ahmad Prakoso, 2303416020 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUSUN HURUF ARAB (SURURAB) UNTUK KETRAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitihan ini didasari oleh latar belakang permasalahan pada pembelajaran ketrampilan menulis bahasa Arab yang dalam pelaksanaan kurang berjalan dengan baik. Masalah yang dihadapi oleh siswa adalah siswa kurang mampu menulis bahasa Arab secara mandiri, masih perlu mencontoh tulisan terlebih dahulu baru mampu menulis bahasa Arab, hal tersebut menandakan bahwa siswa kurang mampu menyusun huruf Arab menjadi kata atau mufrodat. Berdasarkan masalah diatas, penelitian ini berupaya mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk ketrampilan menulis siswa Sekolah dasar yang notabenenya sebagai pembelajar bahasa arab pemula dengan menggunakan media yang bernama Sururab (susun huruf arab). Permasalahan yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Bagaimana analisis kebutuhan Guru dan Siswa kelas III SD terhadap media Sururab (Susun Huruf Arab) untuk ketrampilan menulis bahasa Arab, (2) Bagaimana prototipe media pembelajaran Sururab (Susun Huruf Arab) untuk ketrampilan menulis bahasa Arab kelas III Sekolah Dasar, (3) Bagaiman validasi ahli terhadap media pembelajaran Sururab (Susun Huruf Arab) untuk ketrampilan menulis bahasa Arab kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan teori pendapat Soegiono, dan Pada penelitian ini, peneliti hanya melaksanakan hanya sampai tahap kelima dari sepuluh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran Sururab (susun huruf arab) untuk ketrampilan menulis siswa kelas III Sekolah Dasar. Kedua, Prototipe media Sururab (susun huruf arab) dikembangakan menjadi dua bagian yang meliputi (a) fisik media Sururab (susun huruf arab) terdiri dari bentuk, ukuran, dan desain media, dan (b) bagian isi yang terdiri dari kosakata, materi, tata bahasa, dan evaluasi. Ketiga, penilaian aspek isi memperoleh nilai 90,05. Aspek bahasa memperoleh nilai 86,72. Aspek Kelayakan Penyajian memperoleh nilai 91,17. Aspek Kelayakan Penilaian Kontekstual memperoleh nilai 91,90. Aspek Kelayakan Fisik Media memperoleh nilai 86,59. Nilai rata-rata dari keseluruhan aspek kelayakan media adalah 86,29 yang menandakan bahwa nilai keseluruhan aspek kelayakan media berada pada rentang nilai 96-100 mencapai skala 4, dengan kategori sangat layak (sangat sesuai). Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa media Sururab (susun huruf arab) layak Layak Diuji cobakan dalam pembelajaran ketrampilan menulis bahasa Arab siswa kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Sururab (susun huruf arab), Ketrampilan menulis, Bahasa Arab. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 08:16 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 08:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40296 |
Actions (login required)
View Item |