PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 SEMARANG


Bagus Abshoru, 1102416059 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102416059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013, penilaian terhadap capaian belajar siswa tidak hanya fokus pada aspek kognitif dan psikomotorik namun juga memberi perhatian lebih pada aspek afektif yang didalamnya menckup kecerdasan emosi. Penelitian ini berlatarbelakang belum adanya model pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga berakibat pada belum maksimalnya stimulasi yang diberikan oleh guru terhadap kecerdasan emosional siswa dan belum maksimalnya pemahaman siswa terhadap materi pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 26 Semarang. Sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat siswa bisa mengeksplorasi potensi yang ada dalam diri mereka. Salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa adalah Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Quantum Teaching (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kecerdasan emosional siswa (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan pre experimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling dan diperoleh kelas VIII F. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data ialah observasi, tes, angket, dokumentasi, serta teknik analisis data dengan melakukan uji-t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Quantum Teaching memiliki pengaruh dengan meningkatnya kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa dari sebelum diimplementasikanya model pembelajaran tersebut. Peningkatan kecerdasan emosional dibuktikan dengan hasil ujit menggunakan Paired Sampel T-Test dengan hasil nilai thitung 24,978 > ttabel 2,039 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yang berarti Ha diterima. Sedangkan seberapa besar peningkatannya dibuktikan dengan uji N-Gain dengan hasil N-gain 0,0168 berada dalam rentang g ≤ 0,3 sehingga termasuk dalam kategori rendah. Meski tergolong rendah, penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan materi setelah diimplementasiannya model pembelajaran Quantum Teaching. Untuk peningkatan hasil belajar, hasil uji-t memperoleh nilai thitung 12,400 > ttabel 2,039 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yang berarti Ha diterima. Sedangkan seberapa besar peningkatannya dibuktikan dengan uji N-Gain dengan hasil N-Gain 0,3511 berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 sehingga termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 Oct 2020 08:09
Last Modified: 20 Oct 2020 08:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40294

Actions (login required)

View Item View Item