NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM PERTUNJUKAN TARI SAMAN PADA MASYARAKAT BLANGKEJEREN GAYO LUES
Masyitah Ultari Asma, 0204517027 (2019) NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM PERTUNJUKAN TARI SAMAN PADA MASYARAKAT BLANGKEJEREN GAYO LUES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM PERTUNJUKAN TARI SAMAN PADA MASYARAKAT BLANGKEJEREN GAYO LUES)
Download (11MB) | Preview |
Abstract
Asma, Masyitah Ultari, 2019. “Nilai-Nilai Edukatif dalam Pertunjukan Tari Saman pada Masyarakat Blangkejeren Gayo Lues”. Tesis. Program studi pendidikan seni S2. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Triyanto, M.A,. Pembimbing II: Dr. Hartono, M.Pd, i-xvii, 1- 280 hal. Kata kunci: Edukatif, Nilai-nilai, Tari Saman, Pertunjukan Tujuan penelitian ini adalah mengkaji nilai-nilai edukatif dalam pertunjukan Tari Saman di Blangkejeren Gayo Lues. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Data penelitian dikumpulan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data peneitian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut pertama, pertunjukan Tari Saman merupakan kesenian tradisional masyarakat Gayo yang dijadikan sebagai sarana media dakwah dalam penyebaran agama Islam. Pertunjukan Tari Saman memiliki beberapa unsur atau elemen yaitu iringan (musik), tema, tata busana (kostum) tata rias, properti, pola lantai, tempat pentas (panggung) dan penonton. Musik iringan dalam Tari Saman menggunakan bentuk internal, yang berasal dari penari sendiri. Tema pertunjukan merepresentasikan syiar agama islam, persahabatan pesan muda-mudi, nasihat-nasihat bijak yang berhubungan dengan nilai etika. Para penari tidak menggunakan tata rias, dan tidak menggunakan properti, busana yang digunakan baju adat tradisional masyarakat Gayo disebut dengan baju kerawang yang dipakai oleh laki-laki, dan di bagian kepala menggunakan teleng/ikat kepala. Pola lantai tari Saman garis lurus bersaf dan duduk. Kedua nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam pertunjukan Tari Saman meliputi nilai religius, persahabatan/solidaritas, toleransi, dan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Edukatif, Nilai-nilai, Tari Saman, Pertunjukan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs L Education > L Education (General) N Fine Arts > NL Theater and Dance |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:28 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40267 |
Actions (login required)
View Item |