ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG


Ponang Tri Prasetyo, 4201416067 (2020) ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-21 pendidikan dan teknologi berkembang semakin pesat. Hal ini mewajibkan setiap individu untuk memiliki sebuah ketrampilan. Ketrampilan yang harus dimiliki salah satunya adalah kreativitas. Kreativitas menurut Munandar dibagi kedalam empat model yaitu person, process, press, dan product. Kreativitas produk menurut Peter Nilsson bisa dinilai dari segi bentuk produk dan kualitas produk.Berdasarkan teori Taxonomy desaign creativity Peter Nillson bentuk produk terbagi kedalam lima aspek yaitu imitasi, variasi, kombinasi, transformasi, dan kreasi baru. Penelitian ini fokus pada aspek tranformasi saja, yang dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah mendapatkan mata kuliah elektronika analog, kemudian mahasiswa di minta untuk mendesain alat buka tutup kran air sesuai dengan lembar perintah, untuk kemudian dinilai dengan instrumen penilaian yang divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuanitatif deskriptif. Hasil analisis data disimpulkan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa pendidikan fisika dalam mendesain produk aspek transformasi sebesar 5.1 pada skala 0-7 yang berarti mahasiswa pendidikan fisika Unnes memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Transformasi, Tingkat Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:14
Last Modified: 20 Oct 2020 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40262

Actions (login required)

View Item View Item