PERAN PERMAINAN TRADISIONAL BETENGAN DAN GOBAK SODOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SISWA
TONI SURYO FEBRIANTO, 0602515043 (2019) PERAN PERMAINAN TRADISIONAL BETENGAN DAN GOBAK SODOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERAN PERMAINAN TRADISIONAL BETENGAN DAN GOBAK SODOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL SISWA)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Febrianto, Toni Suryo. 2019. Peran Permainan Tradisional Betengan dan Gobak sodor dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa Kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Soekardi, M.Pd. Pembimbing II Dr. Tri Rustiadi, M.Kes. Kata kunci: permainan tradisional betengan, permainan tradisional gobak sodor, karakter sosial. Penelitian ini membahas tentang peran permainan tradisional betengan dan gobak sodor yang diimplementasikan sebagai materi pembelajaran di sekolah untuk membentuk karakter sosial siswa. Karater yang diteliti adalah jujur, disiplin, kerja keras, sportif, komunikatif, kerjasama, dan tanggungjawab. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan karakter yang dibentuk melalui kedua permainan tersebut dilihat dari jenis kelamin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 60 siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa laki-laki, dan 10 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi non-partisipatif dan didukung dengan dokumentasi selama penelitian dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa permainan betengan dan gobak sodor berperan positif dalam pembentukan karakter sosial siswa SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang ketika diimplementasikan dalam proses pembelajaran PJOK. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa permainan betengan baik untuk membentuk karakter disiplin, kerja keras, sportif, komunikatif, kerjasama, dan tanggungjawab; namun kurang untuk membentuk karakter kejujuran. Sedangkan permainan gobak sodor baik untuk membentuk seluruh karakter yang diteliti. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru PJOK di sekolah untuk menggunakan media permainan tradisional untuk mengembangkan karakter sosial siswanya. Dengan waktu tatap muka dengan siswa yang lebih banyak diharapkan dapat mengembangkan karakter anak didiknya dengan lebih baik. Bagi siswa disarankan untuk dapat ikut melestarikan permainan tradisional dengan cara mengetahui, mempelajari cara bermainnya, serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Dinas Pendidikan Kota Magelang disarankan untuk melestarikan permainan tradisional dengan cara mengadakan kompetisi permainan tradisional bagi sekolah-sekolah. Bagi peneliti selanjutnya yang menggunakan tema serupa, dengan setting penelitian yang lain, jenis permainan tradisional yang lain, meneliti karakter-karakater yang lain, diharapkan nantinya dapat menghasilkan keunikan yang berbeda, sehingga diperoleh variasi penelitian yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: permainan tradisional betengan, permainan tradisional gobak sodor, karakter sosial. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Child L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Physical Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40246 |
Actions (login required)
View Item |