HUBUNGAN ANTARA TASK-APPROACH SKILLS DENGAN CAREER DECISION MAKING SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON TAHUN AJARAN 2018/2019


Nur Sifa Fauziah, 1301414030 (2020) HUBUNGAN ANTARA TASK-APPROACH SKILLS DENGAN CAREER DECISION MAKING SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA TASK-APPROACH SKILLS DENGAN CAREER DECISION MAKING SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA TASK-APPROACH SKILLS DENGAN CAREER DECISION MAKING SISWA KELAS XI DI SMK PALEBON TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu fenomena yang tertuang pada data awal bahwa career decision making siswa kelas XI SMK Palebon tahun ajaran 2018/2019 belum mantap. Menurut teori krumboltz task approach skills merupakan hasil dari tiga faktor yang mempengaruhi career decision making. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui tingkat task-approach skills siswa, (2) Mengetahui tingkat career decision making siswa, (3) Mengetahui dan menganalisis hubungan antara aspek-aspek dari task-approach skills dengan aspek-aspek dari career decision making siswa kelas XI SMK Palebon tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yaitu penelitian hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel yang digunakan berjumlah 142 siswa dari 240 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala psikologis task-approach skills, skala psikologis career decision making. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Cornbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik korelasi Pearson product moment . Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukan bahwa tingkat task-approach skills masuk dalam kategori sedang. Sedangkan career decision making masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis stiatistik inferensial menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara task-approach skills aspek standar dan nilai kinerja dengan rational career decision making (r=0,145; p=<0,05). Terdapat hubungan negatif antara task-approach skills aspek proses persepsi dan kognitif dengan impulsive career decision making (r=-0,155; p=<0,05). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara task approach skills aspek standar dan nilai kinerja dengan dependent career decision making (r=0,200; p=<0,01), proses persepsi dan kognitif dengan dependent career decision making (r=0,177; p=<0,05), set mental dengan dependent career decision making (r=0,215; p=<0,01), dan respon emosional dengan dependent career decision making (r=0,173; p=<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan paling erat ditunjukkan oleh task-approach skills aspek set mental dengan dependent career decision making. Berdasarkan hasil tersebut maka guru BK disarankan melakukan analisis kebutuhan siswa dengan memberi skala psikologis untuk mengetahui kecenderungan gaya career decision making siswa sejak kelas X. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dapat difokuskan layanan klasikal, kelompok, maupun individu sesuai kecenderungan gaya keputusan karier siswa. Kata Kunci: Task-approach skills, career decision making, aspek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 13:08
Last Modified: 19 Oct 2020 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40196

Actions (login required)

View Item View Item