PENGARUH TEMBAKAN UNDER THE BASKET SHOOT DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL TEMBAKAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BASKET


Kukuh Ciphana Hendra Kusuma, 0602517089 (2019) PENGARUH TEMBAKAN UNDER THE BASKET SHOOT DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL TEMBAKAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BASKET. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TEMBAKAN UNDER THE BASKET SHOOT DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL TEMBAKAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BASKET]
Preview
PDF (PENGARUH TEMBAKAN UNDER THE BASKET SHOOT DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP HASIL TEMBAKAN PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BASKET)
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kukuh Ciphana Hendra Kusuma. 2019. “Pengaruh Tembakan Under The Basket Shoot dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Tembakan pada Siswa Ekstrakurikuler Basket di MAN 1 Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Olahraga. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Nasuka, M. Kes., Pembimbing II Fajar Awang Irawan, S.Si.,M.Pd. Ph.D. Kata Kunci : Under the basket shoot, koordinasi mata tangan, hasil shooting. Tesis ini dilatarbelakangi oleh teknik tembakan yang dilakukan oleh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler kurang maksimal. Tujuan penelitian: Menganalisis pengaruh clear dan bank shoot terhadap hasil shooting, menganalisis pengaruh koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah terhadap hasil tembakan, serta interaksi antara clear dan bank shoot dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil shooting dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa putra. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan 24 siswa putra ekstrakurikuler MAN 1 Semarang. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalur dengan program SPSS 25.0 dan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian perbedaan pengaruh antara teknik clear shoot dan bank shoot terhadap hasil tembakan memiliki nilai Sig. α= 0,000< 0,05. Perbedaan pengaruh antara peserta ekstrakurikuler bola basket yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan mata tangan rendah dalam hasil tembakan nilai Sig. α= 0,000< 0,05. Interaksi antara clear shoot dan bank shoot koordinasi mata tangan terhadap hasil shooting dalam permainan bola basket memiliki nilai Sig. = 0,000 < 0,05. Simpulan: Terdapat perbedaan pengaruh clear dan bank shoot terhadap hasil tembakan bola basket dan tembakan bank shoot memberikan pengaruh yang lebih baik. Terdapat perbedaan pengaruh koordinasi mata-tangan terhadap hasil tembakan dan siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih baik. Terdapat interaksi antara clear dan bank shoot dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil shooting dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Under the basket shoot, koordinasi mata tangan, hasil shooting.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:39
Last Modified: 19 Oct 2020 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40185

Actions (login required)

View Item View Item