PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PBL


Runtut Wijiasih, 0301515026 (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PBL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL  PBL BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PBL]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN AUDIO VISUAL DAN PBL) - Submitted Version
Download (826kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wijiasih, Runtut. 2019. “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar IPS dengan Model PBL berbantuan Audio-Visual dan PBL”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPS. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Pembimbing II Dr. Purwadi Suhandini, SU. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi. Salah satu tujuan pembelajaran IPS adalah mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pada kehidupan nyata. Pembelajaran IPS yang didapatkan dari pengalaman langsung pada kehidupan nyata dapat membantu peserta didik mengkonstruksi pengetahuan dan meningkatkan motivasi belajarnya. Model pembelajaran Problem Based Learning dipilih dalam penelitian ini, untuk mewujudkan salah satu tujuan pembelajaran IPS mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Penggunaan media audio-visual membuat pembelajaran menjadi semakin menarik dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi semangat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran Model PBL berbantuan audio-visual, model PBL dan model ceramah. 2) mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan motivasi belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan audio-visual, model PBL dan model ceramah. 3) mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan respon peserta didik dengan pembelajaran model PBL berbantuan audio-visual dan PBL. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-postest non-equivalent control design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Anova dan statistik deskripsi. Hasil analisis data menunjukkan 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang diajarkan dengan model PBL berbantuan audio-visual, model PBL dan model ceramah. 2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model PBL berbantuan audio visual, model PBL dan model ceramah. 3) terdapat perbedaan respon peserta didik yang diajarkan dengan model PBL berbantuan audio-visual dan model PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:01
Last Modified: 19 Oct 2020 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40171

Actions (login required)

View Item View Item