PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PONGANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Yuni Anisa Ningrum, 1401416490 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PONGANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416490.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang digunakan adalah buku tematik yang telah disediakan oleh pemerintah belum bersifat kontekstual sesuai dengan lingkungan tempat tinggal siswa. Keadaan ini tentunya dapat mempersulit siswa dalam memahami materi yang seharusnya dikuasai. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Pongangan. Melalui wawancara guru dan siswa, ditemukan bahwa bahan ajar cetak kurang mengedepankan unsur lingkungan dan budaya lokal siswa tinggal. Guru yang profesional harus menyediakan bahan ajar yang memperhatikan kondisi lingkungan dan budaya siswa tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang di dalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman Kelurahan Pongangan Kecamatan Gunungpati yang dekat dengan keseharian dan kehidupan siswa SDN Pongangan serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari 8 model pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal untuk siswa Kelas IV SDN Pongangan yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media dengan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 75%, dari ahli bahasa sebesar 75%, dan dari ahli media 79,17% (2) bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal efektif digunakan dengan perhitungan uji peningkatan rata-rata (gain), diketahui bahwa peningkatan rata-rata (gain) data tes awal dan tes akhir sebesar 0,30 dan tergolong dalam kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang disampaikan yaitu: (1) bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal dapat dijadikan referensi alternatif pada materi mencermati tokohtokoh yang terdapat pada teks fiksi pada muatan pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa dan guru SD Kelas IV; (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal dalam bentuk lain yang lebih bervariasi agar hasil belajar dan pemahaman siswa dapat meningkat dan sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar tematik, Membaca pemahaman, Kearifan lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Oct 2020 03:02
Last Modified: 17 Oct 2020 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40112

Actions (login required)

View Item View Item