PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG


Asri Nida Fauziyah, 1401416071 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian yang dilaksanakan di SDN Kandri 01 Kota Semarang, diperoleh informasi kurangnya minat siswa terhadap kegiatan membaca sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan. Hal yang membuat siswa tidak tertarik membaca yaitu media baca yang digunakan tidak menarik bagi siswa serta topik bacaan yang dimuat berada jauh dari lingkungan siswa sehingga siswa tidak mempunyai gambaran awal dari teks yang mereka baca. Contohnya pada buku siswa tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, pada pembelajaran 2 menjelaskan terjadinya Proklamasi kemerdekaan di Jakarta, namun tidak menjelaskan penyebaran berita Proklamasi di Kota Semarang. Hal ini membuat siswa tidak mengetahui sejarah yang ada pada daerahnya. Penggunaan bahan ajar yang tidak sesuai berakibat pada rendahnya pemahaman siswa tentang isi bacaan. Hal ini diperkuat dengan persentase data nilai siswa 78% belum memenuhi KKM dan 22% memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca berbasis lokal Kota Semarang yang memuat bacaan-bacaan tentang keragaman lokal di Kota Semarang yang dekat dengan keseharian dan kehidupan siswa SDN Kandri 01 serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) oleh Sugiyono. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) bahan ajar membaca berbasis lokal untuk siswa kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan oleh ahli media dengan persentase 77,78%, ahli materi dengan persentase 80%, dan ahli bahasa dengan persentase 82,14 ; (2) bahan ajar membaca berbasis lokal Kota Semarang efektif digunakan dengan perhitungan uji peningkatan rata-rata (gain), dibuktikan pada hasil ratarata nilai tes akhir sebesar 78,83 dibandingkan rata-rata nilai tes awal sebesar 54,19 dengan perolehan N-gain sebesar 0,538 dan tergolong dalam kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar membaca berbasis lokal yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang disampaikan yaitu: (1) dijadikan sebagai sumber belajar; (2) Penggunaan bahan ajar membaca berbasis lokal dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan memotivasi siswa untuk belajar; (3) Guru dapat mengembangkan bahan ajar membaca berbasis lokal dengan memperhatikan kebutuhan siswa dalam bentuk yang bervariasi agar keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, berbasis lokal, membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Oct 2020 02:47
Last Modified: 17 Oct 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40108

Actions (login required)

View Item View Item