“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBA SIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR (HSK LEVEL 1)”


Nama : Zeni Nur Afifah, 2404415023 (2020) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBA SIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR (HSK LEVEL 1)”. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBA SIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR (HSK LEVEL 1)”]
Preview
PDF (“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBA SIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR (HSK LEVEL 1)”) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2013 Bahasa Mandarin ditetapk an menjadi salah satu mata pelajaran peminatan bagi peserta didik SMA di Indonesia. Namun peserta didik yang mengikuti pelajaran Bahasa Mandarin mengalami kesulitan dalam mempelajari kalimat dasar Bahasa Mandarin dikarenakan guru masih menggunakan metode k onvensional. Adapun media pembelajaran yang digunakan cukup beragam, akan tetapi belum ada media pembelajaran yang efektif untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa Mandarin. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya mengembangkan media yang beru pa permainan yaitu puzzle. tujuan dari peneliti ini yaitu, 1.)meningkatkan keefektifan siswa belajar bahasa Mandarin dengan menggunakan media permainan puzzle sebagai media pendukung untuk menyusun kata menjadi kalimat sederhana, 2) meningkatkan hasil bela jar siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin menggunakan media permainan puzzle. penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 5 tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah (2)pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) r evisi desain. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukan bahwa pendidik dan peserta didik menghendaki adanya pengembangan media baru yang kreatif dan inovatif yang dilengkapi dengan desain yang menarik. Media permainan puzzle ini menggunakan tulisan hanzi dan kalimat yang digunakan berdasarkan HSK Level 1. Hasil validasi ahli materi menunjukan bahwa materi yang ada di dalam media permainan puzzle skor rata rata 88 dari rentang niali (86 100) dikategorikan sangat layak/sangat sesuai, sedangkan valida si desain mendapatkan skor rata rata 86 dari rentang nilai (86 100) dikategorikan sangat layak/sangat sesuai .revisi desain para ahli pada aspek aspek tertentu, revisi desain pada aspek kualitas bahan yang digunakan sedangkan revisi materi pada aspek keaku ratan materi kalimat dan saran perbaikan adalah tambahan untuk alimatnya dan juga kerapian pada puzzlenya ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media,permainan, puzzle , kalimat sederhana HSK level 1.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:16
Last Modified: 16 Oct 2020 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40055

Actions (login required)

View Item View Item