PROFIL LITERASI SAINS (FISIKA) PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA BANJIR ROB DI KOTA SEMARANG


Titani Citra Prahesti, 4201416057 (2020) PROFIL LITERASI SAINS (FISIKA) PESERTA DIDIK PADA MITIGASI BENCANA BANJIR ROB DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil literasi sains peserta didik pada mitigasi bencana banjir rob di Kota Semarang dan memperoleh faktor-faktor yang memengaruhi literasi sains. Profil literasi sains yang diukur dalam penelitian ini meliputi 4 aspek, yaitu aspek konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu, peserta didik Kelas XI di SMA N 14 Semarang sebagai sekolah dekat dengan bencana banjir rob dan peserta didik Kelas XI di SMA N 16 Semarang sebagai sekolah jauh dari bencana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara yang diuji dengan teknik expert judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rerata peserta didik di sekolah dekat dengan bencana banjir rob lebih tinggi daripada peserta didik di sekolah jauh dari bencana banjir rob dengan capaian masing-masing 54,63% dan 49,58%. Adapun faktor yang memengaruhi literasi sains peserta didik yaitu: 1) kegiatan literasi di sekolah; 2) sumber literasi yang digunakan; 3) pembelajaran sains yang dikaitkan dengan fenomena alam; dan 4) pengalaman peserta didik terhadap bencana alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, mitigasi bencana, banjir rob
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:51
Last Modified: 15 Oct 2020 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39978

Actions (login required)

View Item View Item