PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA


Virgi Anjelita Kusuma, 4201416053 (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 tidak hanya menuntut siswa untuk memiliki nilai yang memuaskan namun harus disertai dengan berbagai keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan komunikasi. Sejalan dengan hal tersebut maka diperluhkannya model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan keterampilan komunikasi siswa, maka digunakanlah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi siswa setelah mengikuti pembelajaran model STAD. Penelitian ini merukapan penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu siswa Kelas X SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan pengambilan teknik purposive sampling. Pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Keterampilan komunikasi siswa diukur menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji Normalitas, uji independent sample t-test dengan software SPSS 23.0, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-gain kelas eksperimen yaitu 0,66 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49. Keterampilan komunikasi siswa pada kelas eksperimen setelah mengikuti pembelajaran model STAD mengalami peningkatan sebesar 0,40 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,11 dengan kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD, pemahaman konsep, keterampilan komunikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:48
Last Modified: 15 Oct 2020 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39977

Actions (login required)

View Item View Item