PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU KALOR DAN PERPINDAHANNYA BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21


Muhammad Ridwan Nur Cholis, 4201416045 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU KALOR DAN PERPINDAHANNYA BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Kehidupan dunia saat ini memasuki perkembangan abad 21, yang memungkinkan munculnya tantangan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah perubahan kualifikasi dan kompetensi siswa yang dibutuhkan dalam persaingan global. Hasil penelitian TIMSS dan PISA menunjukkan kualitas kompetensi siswa di indonesia masih dibawah rata-rata. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan dalam upaya peningkatan kualitas kompetensi adalah keterampilan belajar dan inovasi abad 21 (4C). Pembelajaran berpendekatan STEM merupakan solusi dalam membantu mengembangkan keterampilan belajar abad 21 (4C) melalui pengalaman belajar yang lebih berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan keterampilan belajar abad 21 melalui penerapan pembelajaran fisika berpendekatan STEM. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kendal, kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis, n-gain, dan analisis lembar observasi dengan bantuan program SPSS dan microsoft office excel. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran fisika berpendekatan STEM mendapat respons yang tinggi dari siswa, dan keterampilan belajar abad 21 (4C) setelah diterapkan pembelajaran fisika berpendekatan STEM pada keterampilan berpikir kritis berkembang pada kategori tinggi, keterampilan berpikir kreatif pada kategori sedang, keterampilan komunikasi pada kategori tinggi, serta keterampilan kolaborasi pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, STEM, Keterampilan Belajar Abad 21, 4C (berpikir kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:44
Last Modified: 15 Oct 2020 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39976

Actions (login required)

View Item View Item