PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DAN MUATAN KARAKTER


Rachmat Waluyo, 4201416038 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DAN MUATAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu melalui pengembangan bahan ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. Namun, bahan ajar yang tersedia pada saat ini rata-rata masih berpusat pada materi, latihan soal, dan masih jarang disisipi keterampilan abad 21 dan nilai-nilai karakter. Hal tersebut tidak selaras dengan standar kompetensi lulusan peserta didik dan tujuan Kurikulum 2013 tentang keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik dan pendidikan karakter. Peningkatan penanaman keterampilan abad 21 dan karakter pada bahan ajar dapat dilakukan melalui pendekatan STEM. Hal ini dikarenakan pendekatan STEM merupakan pendekatan yang menekankan pada interdisiplin ilmu dalam proses pembelajaran, yang didalamnya terdapat subjek sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam konteks nyata yang menghubungkan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global, sehingga mempersiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21, berkarakter, dan pemecah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, mengidentifikasi kelayakan, keterbacaan, dan respons peserta didik terhadap bahan ajar fisika berbasis STEM terintegrasi keterampilan abad 21 dan muatan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedur penelitian diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan oleh Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba awal; 5) revisi awal produk; 6) uji lapangan operasional; dan 7) revisi akhir produk. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Patikraja. Subjek penelitian ini meliputi dosen ahli materi dan dosen ahli media, guru fisika SMA Negeri 1 Patikraja, serta peserta didik kelas XI MIPA 3 dan kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Patikraja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu wawancara, tes, dan angket. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan berisi materi fluida yang dilengkapi dengan aktivitas diskusi, praktikum, dan proyek yang dikaitkan dengan aspek-aspek STEM serta diintegrasikan dengan keterampilan abad 21 dan nilainilai karakter. Hasil uji kelayakan menyatakan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan menyatakan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria mudah dipahami. Hasil penilaian respons peserta didik terhadap bahan ajar didapatkan respons dalam kriteria sangat baik untuk digunakan oleh peserta didik kelas XI MIPA SMA/MA sebagai sumber belajar pendukung dalam proses pembelajaran materi fluida

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, STEM, keterampilan abad 21, karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:37
Last Modified: 15 Oct 2020 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39972

Actions (login required)

View Item View Item