PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21


Indah Tri Fitriany, 4201415041 (2020) PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201415041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan, siswa dapat meningkatkan pengetahuannya untuk kesejahteraan kehidupannya. Untuk menghadapi persaingan global di abad 21 pendidikan di Indonesia perlu mengacu pada keterampilan abad 21 terutama dalam kegiatan belajar. Hasil penelitian di tahun 2015, menunjukkan kemampuan siswa di Indonesia dalam capaian IPA masih berada diposisi terendah. Kemampuan siswasiswi di Indonesia masih dibawah standar untuk capaian IPA dan belum bisa mengaplikasikan keterampilan belajar abad 21 untuk bersaing dengan siswa-siswi dari negara lain. Keterampilan belajar abad 21 meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, dan keterampilan kreativitas. Keterampilan belajar abad 21 dapat dikembangkan menggunakan pendekatan STEM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran fisika materi gejala pemanasan global berpendekatan STEM, mengetahui pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas setelah diterapkan pembelajaran fisika materi gejala pemanasan global berpendekatan STEM. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampel penelitian yang digunakan adalah teknik pusposive sampling berdasarkan pertimbangan guru mengajar. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA PL Don Bosko Semarang. Pembelajaran fisika materi gejala pemanasan global berpendekatan STEM dapat mengembangkan keterampilan belajar abad 21. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga pertemuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEM. Pembelajaran fisika materi gejala pemanasan global berpendekatan STEM dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan menunjukkan kriteria sedang. Keterampilan komunikasi tulis berkembang mulai dari kategori sedang sampai kategori sangat tinggi. Sedangkan keterampilan komunikasi lisan berkembang mulai dari kategori tinggi sampai kategori sangat tinggi. Keterampilan kolaborasi berkembang mulai dari kategori tinggi sampai kategori sangat tinggi. Pembelajaran fisika materi gejala pemanasan global berpendekatan STEM dapat mengembangkan keterampilan kreativitas dengan menunjukkan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan STEM, keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:30
Last Modified: 15 Oct 2020 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39968

Actions (login required)

View Item View Item