PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE DENGAN MODEL JIGSAW PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN PAKINTELAN 03 GUNUNGPATI SEMARANG


Mei Matul Chasanah, 1401416259 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE DENGAN MODEL JIGSAW PADA MUPEL IPS KELAS IV SDN PAKINTELAN 03 GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416259.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan kurangnya media pembelajaran interaktif berbasis IT khususnya untuk muatan pembelajaran IPS kelas IV di SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang berdampak terhadap ketuntasan hasil belajar IPS siswa yang rendah dibanding dengan muatan pembelajaran lain. Pengembangan media pembelajaran interaktif diperlukan untuk menghadapi permasalahan tersebut, sehingga dikembangkan media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire dengan model jigsaw pada muatan pembelajaran IPS kelas IV SDN Pakintelan 03. Penelitian Research and Development (R&D) ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk skala kecil, revisi produk dan uji coba pemakaian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest, serta teknik non tes yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji t-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire dikembangkan sesuai metode penelitian dan pengembangan; (2) media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire dinyatakan sangat layak dengan persentase nilai hasil validasi dari ahli materi yaitu 98% dan dari ahli media yaitu 100%, serta persentase nilai 100% untuk hasil tanggapan penggunaan oleh guru dan siswa; (3) media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai ngain 0,48 (sedang) pada uji coba produk skala kecil dan nilai n-gain 0,54 (sedang) pada uji coba pemakaian produk, serta hasil uji t-test baik pada uji coba produk skala kecil maupun uji coba pemakaian produk yaitu sig (2-tailed) = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif multimedia lectora inspire dengan model jigsaw sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pakintelan 03. Dengan penelitian ini diharapkan guru dapat berinovasi terhadap media pembelajaran interaktif multimedia berbasis lectora inspire pada muatan pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS; Lectora Inspire; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:14
Last Modified: 15 Oct 2020 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39953

Actions (login required)

View Item View Item