PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN DENASRI WETAN 03 KECAMATAN BATANG


Ilmania Rizky, 1401416072 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN DENASRI WETAN 03 KECAMATAN BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil prapenelitian di kelas IV SDN Denasri Wetan 01 diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran menggunakan buku tematik guru dan siswa dengan topik yang terkandung masih jauh dari kehidupan dan lingkungan siswa. Hal ini terjadi karena buku tematik diproduksi secara nasional, sementara Indonesia merupakan negara yang mempunyai kultur beragam, sehingga siswa tidak mempelajari contoh nyata yang dekat dengan siswa sebagai pengetahuaan awal atau pondasi terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis lokal Kecamatan Batang yang di dalamnya memuat bacaan tentang keragaman Kecamatan Batang dan sekitarnya, serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu(Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar membaca berbasis lokal untuk Kelas IV SDN Denasri Wetan 03, Kecamatan Batang yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan oleh ahli bahasa dan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase komponen kelayakan isi 78%,komponen kegrafikan 78,5% dan komponen bahasa 82%; (2) bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Batang efektif digunakan dengan perhitungan uji peningkatan rata-rata (gain), diketahui bahwa peningkatan ratarata (gain) data tes awal dan tes akhir sebesar 0,615 dan tergolong dalam kriteria sedang Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar membaca berbasis lokal yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Batang dapat menjadi referensi alternatif pilihan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kecamatan Batang dan sekitarnya; (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar yang lebih variatif dalam bentuk lain untuk kemampuan membaca pemahaman siswa sehingga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Berbasis Lokal, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:06
Last Modified: 15 Oct 2020 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39949

Actions (login required)

View Item View Item