KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS 5 GUGUS ABIMANYU KABUPATEN SRAGEN


Randitya Rizki Dian Saputra, 1401415223 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS 5 GUGUS ABIMANYU KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401415223.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di SDN Krebet 01 dan SDN Krebet 02, diperoleh informasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa SDN Krebet 01 dan SDN Krebet 02 yang memiliki ketuntasan <50% dari KKM yang ditetapkan yaitu 65. Masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah model Quantum Teaching berbantuan media audio visual efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa Kelas 5 SD Gugus Abimanyu?; (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Quantum Teaching?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji keefektifan model Quantum Teaching berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas 5 SD Gugus Abimanyu; (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas 5 SD Gugus Abimanyu dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model Quantum Teaching berbantuan audio visual. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 43 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi terdiri 22 siswa kelas 5 SDN Krebet 01 (kelompok eksperimen) dan 21 siswa kelas 5 SDN Krebet 02 (kelompok kontrol). Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria cukup. Rata-tata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata posttest kelompok eksperimen 78,64 dan kelompok kontrol 65,17. Hal ini menunjukkan gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,50 (sedang) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,29 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (4,172) > ttabel (2,028) dan nilai Sig. (2-tailed)< 0,05 yaitu 0,000. Pengamatan aktivitas belajar siswa dengan lembar observasi menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria cukup. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan audio visual efektif terhadap hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas 5 SD di Gugus Abimanyu Kabupaten Sragen. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya penelitian ini dapat menjadi pemicu semangat bagi guru untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model yang dapat mengaktifkan potensi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching, Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:03
Last Modified: 15 Oct 2020 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39947

Actions (login required)

View Item View Item