Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) pada Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Angkatan 2008


Enggar Jati Sasongko , 1102404045 (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) pada Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Angkatan 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) pada Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Angkatan 2008]
Preview
PDF (Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) pada Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Angkatan 2008) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang – Undang No. 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, disyaratkan bagi guru Sekolah Dasar untuk memiliki kualifikasi minimal S1 dan memiliki sertifikat sebagai pengajar. Pada saat ini masih banyak guru Sekolah Dasar yang belum memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Dalam rangka membantu para guru yang belum memenuhi kualifikasi tersebut, salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah dengan pengembangan dan peningkatan kualifikasi guru dalam jabatan (in-service traning). Hal tersebut ditempuh oleh Pemerintah Indonesia, Depdiknas melalui pendidikan lanjut bagi guru-guru dalam jabatan pada LPTK atau universitas yang menyelenggarakan program S1 PGSD. Pengembangan E-university bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan. Suatu sistem pendidikan jarak jauh secara umum, akan sukses apabila didalamnya melibatkan interaksi maksimal antara dosen dan mahasiswanya, antara mahasiswa dengan mahasiswa serta melibatkan pola pembelajaran yang aktif di dalam interaksi itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan pengajar dan peserta didik dalam memahami pembelajaran jarak jauh berbasis IT (information technology) dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis IT (information technology) dalam pembelajaran jarak jauh. Lingkup kajian penelitian ini adalah pada Program PJJ S1 PGSD Universitas Kristen Satya Wacana. Pengumpulan data dilakukan pada bulan maret sampai april 2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaitatif, dengan sumber data dokumen, koordinator pelaksana program PJJ, dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan selama penelitian ini berlangsung melalui reduksi data dari informan kunci (ekspert) dan sumber data yang lain, mengeliminir data dan kategorisasi, kemudian display data serta mengambil kesimpulan dan memverivikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan cara membandingkan dan crosscheck derajat kepercayaan suatu informasi yang didapatkan. Cara ini dilakukan dengan cara membandingkan data hasil observasi dan wawancara, membandingkan apa yang dilihat secara umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi. Lebih jauh lagi, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan orang lain yang menjadi informan kunci. Membandingkan data hasil wawancara dengan data dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis IT sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama perkuliahan jarak jauh, mahasiswa dituntut mandiri untuk dapat mencari segala informasi yang berkaitan dengan perkuliahan, ataupun yang lain misalnya mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan tugas kuliah. Kesiapan pengajar maupun mahasiswa dinilai cukup siap karena pada awal perkuliahan mereka sudah dibekali dengan pengenalan IT selama tiga minggu yang dilakukan oleh dosen ahli bidang ICT dari UKSW. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pertama, kesiapan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis IT sudah cukup siap, karena pada saat awal mengikuti perkuliahaan mahasiswa baru sudah dibekali dengan pelatihan ICT yang dilakukan pada saat mengikuti perkuliahaan awal semester selama tiga minggu yang dibimbing oleh dosen ahli ICT dari UKSW. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan model web enchanced course yaitu dimana pembelajaran menggunakan internet adalah sebagai penunjang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2011 09:19
Last Modified: 25 Apr 2015 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item