ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL


AHMAD YANUAR HABIBUR RAHMAN, 0402516039 (2019) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN KENDAL) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahman, AYH. 2019. “Analisis Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Kendal”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Suharto Linuwih, M.Si., Pembimbing II Dr. Lisdiana, M.Si. Kata Kunci : analisis, kompetensi pedagogik dan profesional, guru ipa SMP. Kompetensi guru IPA dalam proses belajar mengajar merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar IPA di sekolah. Guru IPA wajib memenuhi standar kompetensi diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi guru merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi perilaku siswa dalam pembelajaran sehingga penelitian mengenai persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Kendal Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kombinasi (mixed methods) yang menggunakan model sequential explanatory. Penelitian kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara berurutan, dimana data kualitatif berperan untuk membuktikan, memperdalam, dan memperluas data kuantitatif yang telah diperoleh pada tahap awal. Sumber data berasal dari 10 guru IPA SMP Negeri (4 guru IPA di SMP terakredtitasi A, 4 guru IPA di SMP terakredtitasi B, 2 guru IPA di SMP terakredtitasi C) di Kabupaten Kendal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Kendal dalam kategori cukup baik dan baik. Berdasarkan hasil tes, kompetensi pedagogik dan profesional guru IPA mendapatkan presentase sebesar 68% dan 91%, dan untuk persentase kompetensi pedagogik dan profesional guru berdasarkan hasil angket adalah sebesar 73%. Secara keseluruhan kompetensi guru IPA SMP Negeri di Kabupaten Kendal termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 76,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : analisis, kompetensi pedagogik dan profesional, guru ipa SMP.
Subjects: L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:39
Last Modified: 21 Oct 2020 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39854

Actions (login required)

View Item View Item