PENGEMBANGAN LKPD BEREKSTENSI EPUB BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Faishal Aji Zulmi, 4201415017 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BEREKSTENSI EPUB BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201415017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika memerlukan bahan ajar seperti LKPD dengan inovasi baru yang menarik melalui pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berekstensi EPUB berbasis discovery learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan tes. Bahan ajar diuji kevalidannya dengan menggunakan lembar validasi media serta uji kelayakan menggunakan angket. Data hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang valid untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh 80% dengan kriteria valid, penilaian oleh ahli media diperoleh 78,12% dengan kriteria valid. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengembangan keterampilan berpikir mulai dari kriteria rendah hingga sedang. Keterampilan berpikir kritis peserta didik berkembang dengan adanya peningkatan sebesar 0,51 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan menganalisis argumen berkembang dengan peningkatan 0,66 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,23 atau dalam kriteria rendah. Keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi berkembang dengan peningkatan sebesar 0,56 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan membuat dan menentukan hasil pertimbangan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,44 atau dalam kriteria sedang. Keterampilan menentukan suatu tindakan berkembang dengan peningkatan sebesar 0,59 atau dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran LKPD berekstensi EPUB valid dan efektik digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD; Discovery Learning; keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:06
Last Modified: 14 Oct 2020 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39837

Actions (login required)

View Item View Item