PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING BAHASA INDONESIA KELAS II SDN CANDIREJO 01 BATANG
Novita Lusiana, 1401416104 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING BAHASA INDONESIA KELAS II SDN CANDIREJO 01 BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (13MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SDN Candirejo 01 Batang melalui wawancara, observasi, dan data dokumentasi terdapat permasalahan yang dihadapi pendidik dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas dua yaitu keterbatasan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media big book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring Bahasa Indonesia kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Borg and Gall diadaptasi dari Sugiyono yang telah disederhanakan menjadi delapan langkah. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas II SDN Candirejo 01 Batang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan tes, wawancara, data dokumen, dan angket. Teknik analisis data yaitu: analisis data produk meliputi analisis kelayakan media dan analisis tanggapan pendidik dan peserta didik; analisis data awal berupa uji normalitas; dan analisis data akhir berupa uji T dan N-gain. Media big book berbasis kearifan lokal dikembangkan melalui menganalisis permasalahan, mengumpulkan data berkaitan kebutuhan dari pendidik dan peserta didik; mendesain media; menguji kelayakan media; revisi media sesuai saran ahli; uji coba produk; revisi produk; dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan persentase didapatkan dari kelayakan isi sebesar 96% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan penyajian sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Media big book berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk pembelajaran membaca nyaring, dibuktikan dengan perhitungan uji T data pretest dan posttest menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan uji peningkatan rata-rata sebesar 0,53. Simpulan penelitian ini yaitu media big book berbasis kearifan lokal dikembangkan menggunakan delapan tahapan sesuai dengan model Borg and Gall. Media big book berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dalam pembelajaran membaca nyaring Bahasa Indonesia kelas dua sekolah dasar. Media big book berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk pembelajaran membaca nyaring. Saran untuk penelitian selanjutnya pengembangan media big book berbasis kearifan dapat menyajikan gambar ilustrasi dan teks disesuaikan dengan peserta didik kelas dua sekolah dasar serta dapat menyempurnakan kekurangan yang ada pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Big Book, Kearifan Lokal, Membaca Nyaring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 03:24 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 03:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39809 |
Actions (login required)
View Item |