TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ENDORSMENT AGREEMENT ANTARA RUMAH WARNA DENGAN SELEBRITI INSTAGRAM (Studi Kasus Rumah Warna Yogyakarta)


Dhimas Setyangga Nurpratama, 8111415204 (2019) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ENDORSMENT AGREEMENT ANTARA RUMAH WARNA DENGAN SELEBRITI INSTAGRAM (Studi Kasus Rumah Warna Yogyakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ENDORSMENT AGREEMENT ANTARA RUMAH WARNA DENGAN SELEBRITI INSTAGRAM (Studi Kasus Rumah Warna Yogyakarta)]
Preview
PDF (TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN ENDORSMENT AGREEMENT ANTARA RUMAH WARNA DENGAN SELEBRITI INSTAGRAM (Studi Kasus Rumah Warna Yogyakarta)) - Published Version
Download (917kB) | Preview

Abstract

Tinjauan Yuridis Endorsment Agreement ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan endorsement agreement antara online shop dan selebgram di media sosial instagram, yaitu selebgram menggunakan produk milik online shop, dan memberikan testimoni. Atas jasa yang telah dilakukan selebgram, maka online shop memiliki prestasi untuk membayarkan gaji yang telah ditetapkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini terkait pelaksanaan endorsement agreement, serta terkait bentuk wanprestasi dan upaya penyelesaiannya yang dilakukan oleh para pihak dalam hal terjadinya wanprestasi endorsement agreement tersebut. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat yuridis sosiologis dengan menggunakan teori kesepakayan, dan teori pertanggungjawaban. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer, data sekunder, data tersier. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trinangulasi dimana data yang diperoleh melaluin penelitian lapangan yang diolah menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian. Pertama, pelaksanaan endorsement agreement antara online shop dan selebriti inStagram di media sosial instagram telah sah sebagaimana ketentuan Pasal 1320 KUHPerdata, dimana dalam kontrak telah memuat kesepakatan para pihak, kecakapan, memuat hal tertentu dan suatu sebab yang halal. Kedua, terdapat dua bentuk wanprestasi yang terjadi yaitu dilaksanakannya prestasi tetapi tidak sesuai dengan yang diperjanjikan dan dilaksanakannya prestasi tetapi terlambat. Upaya penyelesaian yang dilakukan oleh para pihak dalam hal terjadinya wanprestasi yaitu melalui penyelesaian di luar pengadilan dengan mekanisme musyawarah untuk mencapai mufakat apabila tidak mencapai kata mufakat maka penyelesaian di lakukan melalui proses peradilan. Simpulan dari hasil penelitian : 1) Pelaksanaan kontrak endorsement (endorsement agreement) antara online shop dan selebgram di media sosial instagram telah memenuhi syarat sahnya perjanjian sesuai Pasal 1320 KUHPerdata. endorsment agreement dilaksanakan menggunakan perjanjian tertulis. Endorsment Agreement lebih tepat dikualifikasikan sebagai perjanjian melakukan jasa tertentu. 2) Upaya yang dilakukan para pihak dalam melakukan penyelesaian sengketa wanprestasi tersebut yaitu dengan dua metode penyelesaian yang pertama dengan penyelesaian di luar pengadilan dengan cara musyawarah, apabila kesepakatan tidak tercapai dalam musyawatah maka upaya yang ditempuh kemudian adalah melalui proses peradilan di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Endorsment Agreement; Wanprestasi; Online Shop; Selebriti Instagram.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2020 08:16
Last Modified: 13 Oct 2020 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39775

Actions (login required)

View Item View Item