Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Inventarisasi Kesulitan dan Pemberian Motivasi serta Belajar Mandiri Berbasis Portofolio pada Siswa SMP Kelas VIII
Widya Murniwati , 2101407165 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Inventarisasi Kesulitan dan Pemberian Motivasi serta Belajar Mandiri Berbasis Portofolio pada Siswa SMP Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Inventarisasi Kesulitan dan Pemberian Motivasi serta Belajar Mandiri Berbasis Portofolio pada Siswa SMP Kelas VIII.)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan buku model pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji tiga hal, yaitu (1) kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran menulis puisi, (2) prototipe buku model pembelajaran menulis puisi, (3) saran perbaikan dan penilaian prototipe buku model pembelajaran menulis puisi oleh ahli dan guru. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran menulis puisi, (2) mengembangkan model pembelajaran menulis puisi, (3) memperoleh penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli terhadap buku model pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiono dalam buku Metode Penelitian Pendidikan Sastra, tentunya dengan sedikit penyesuaian. Tahapan-tahapan tersebut antara lain (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe buku model pembelajaran, (3) desain produk, (4) pengujian terbatas prototipe buku model pembelajaran menulis puisi, (5) revisi dan perbaikan prototipe buku model pembelajaran menulis puisi, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrispsi kualitatif. Setelah penelitian dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) simpulan tentang kebutuhan model pembelajaran menulis puisi yang dibutuhkan guru dan siswa adalah siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran menulis puisi dengan teknik inventarisasi kesulitan dan pemberian motivasi serta belajar mandiri berbasis portofolio yang kemudian diwujudkan dalam bentuk buku model pembelajaran menulis puisi, (2) simpulan tentang prototipe buku model pembelajaran menulis puisi dengan teknik inventarisasi kesulitan dan pemberian motivasi serta belajar mandiri berbasis portofolio adalah buku model pembelajaran menulis puisi dengan teknik inventarisasi kesulitan dan pemberian motivasi serta belajar mandiri berbasis portofolio didesain sesuai kebutuhan yaitu menarik dan memiliki cakupan materi yang lengkap, yakni berkaitan dengan model pembelajaran menulis puisi teknik inventarisasi kesulitan dan pemberian motivasi serta belajar mandiri berbasis portofolio. Dalam buku dijelaskan mengenai prinsip-prinsip model pembelajaran yang telah dikembangkan, langkah-langkah pembelajaran, perangkat pembelajaran, sistem evaluasi, dan materi ajar tentang menulis puisi agar mempermudah guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran tersebut, (3) simpulan tentang penilaian dan perbaikan prototipe buku model pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, yaitu (1) dimensi sampul buku model pembelajaran, perolehan nilai rata-rata, yaitu 71,53 dengan ketegori baik, (2) dimensi bentuk buku model pembelajaran, perolehan nilai rata-rata, yaitu 77,76 dengan kategori baik, (3) dimensi isi buku model pembelajaran, perolehan nilai rata-rata, yaitu 76,25 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap buku model pembelajaran menulis puisi, yaitu (1) perbaikan desain sampul buku model pembelajaran meliputi warna, gambar, dan jenis tulisan, (2) perbaikan halaman judul, yaitu penambahan judul buku, (3) perbaikan tata letak dan tampilan tulisan di buku model pembelajaran, (4) perbaikan bahasa buku, yaitu dengan mengganti bahasa yang lebih baik, ringan, dan komunikatif, (7) perbaikan isi buku, yaitu dengan menambahkan penjelasaan tentang pelaksanaan model pembelajaran menulis puisi dengan teknik inventarisasi kesulitan dan pemberian motivasi serta belajar mandiri berbasis portofolio sedangkan uraian yang bersifat teoretis dikurangi. Saran yang disampaikan penelitian adalah (1) guru hendaknya mengembangkan model pembelajaran menulis puisi yang menarik, menyenangkan, dan mencerdaskan agar siswa dapat mencapai kompetensi yang diinginkan dan tidak merasa bosan. Guru sebagai pengajar dan pendidik disarankan untuk membimbing dan memberi motivasi sehingga menjadi lebih percaya diri dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, (2) perlu diadakan pengembangan terhadap model pembelajaran menulis puisi untuk melengkapi kekurangan pada buku model pembelajaran menulis puisi yang telah ada
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, menulis puisi, inventarisasi kesulitan, motivasi, belajar mandiri, portofolio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 00:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3971 |
Actions (login required)
View Item |