KONFLIK ANTAR TOKOH DALAM ROMAN LA BÊTE HUMAINE KARYA ÉMILE ZOLA : TINJAUAN DARI TEORI KONFLIK SOSIAL DEAN G. PRUITT DAN JEFFREY Z. RUBIN


Tri Atmaja Andreano Susanto, 2311414019 (2020) KONFLIK ANTAR TOKOH DALAM ROMAN LA BÊTE HUMAINE KARYA ÉMILE ZOLA : TINJAUAN DARI TEORI KONFLIK SOSIAL DEAN G. PRUITT DAN JEFFREY Z. RUBIN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311414019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (810kB) | Preview

Abstract

Roman La Bête Humaine adalah salah satu roman dalam antologi Les Rougon Macquart karya Émile Zola, yang diterbitkan pada tahun 1890. Roman ini menceritakan sekelompok pekerja kereta api. Sepintas perilaku mereka tampak normal, tetapi sesungguhnya di antara tokoh-tokoh dalam roman ini salah satunya mengidap kelainan jiwa yang diwarisi secara turun-temurun dari generasi terdahulunya. Penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan konflik antar tokoh dengan lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan 1) proses terjadinya konflik antar tokoh dengan lingkungan sosialnya, 2) dampak perubahan (eskalasi) psikologis antara tokoh utama dengan lingkungan sosialnya, 3) strategi penyelesaian konflik yang digunakan tokoh utama dengan lingkungan sosial. Korpus data ini adalah roman La Bête Humaine karya Émile Zola. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dilengkapi dengan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data isi laten dan komunikasi. Setelah melakukan analisis, peneliti dapat menyimpulkan bahwa konflik yang terjadi pada tokoh utama karena ada sebuah penyakit jiwa yang bersifat turunan. Penyakit ini dikendalikan oleh kekuasaan batinnya. Penyakit ini terus bersarang dalam jiwanya, hingga dia menemukan seorang wanita yang mampu menyembuhkan penyakitnya tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Roman, La Bête Humaine, Konflik Sosial.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:53
Last Modified: 13 Oct 2020 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39671

Actions (login required)

View Item View Item