PENGEMBANGAN MEDIA CARD MATCH CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOSARI 01 SEMARANG


Asma Husna Amalia, 1401416409 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA CARD MATCH CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOSARI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416409.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan salah satu muatan pelajaran dalam kurikulum 2013 yang terdapat di jenjang SD/MI. Pada proses pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Purwosari 01 Semarang ditemukan beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Purwosari 01 didapat hasil wawancara bahwa guru belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran IPS. Dalam kegiatan pembelajaran, guru belum menggunakan media yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media Card Match Circle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, keefektifan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan media Card Match Circle. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji skala kecil dilakukan di kelas V SD Negeri Purwosari 01 sejumlah 4 siswa dan uji skala besar dilakukan oleh 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal dan analisis data akhir (uji t dan N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Card Match Circle yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa kelas V. (2) Media Card Match Circle layak digunakan untuk pembelajaran IPS kelas V. Presentase kelayakan media sebesar 76,9% dan kelayakan materi 91,6 % (3) Media Card Match Circle efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Dilihat dari hasil perhitungan uji N-Gain dengan hasil 0,44. Peningkatan hasil belajar yang signifikan antara prestest dengan posttest yaitu sebesar 59 menjadi 78,97, hal ini diperkuat dengan hasil uji Ttest dengan hasil thitung sebesar -5,97 dengan ttabel 2,001. Simpulan dari penelitian ini adalah media yang dikembangkan dibuat dengan konsep permainan yang terdiri dari kartu (kartu pertanyaan, jawaban dan tantangan), spin dan karpet circle. Media efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V. Saran yang diberikan yaitu pengembangan produk Card Match Circle pada pembelajaran IPS dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi dan mata pelajaran yang lain, karena media berupa permainan jadi media dapat dimanfaatkan dengan mengganti kartu pertanyaan, jawaban serta tantangan yang sesuai dengan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Card Match Circle; Hasil Belajar, Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:38
Last Modified: 13 Oct 2020 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39667

Actions (login required)

View Item View Item