NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA


Dina Syarafina, 2101415081 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter akan mengarah pada akar pembentukan budi (pekerti) manusia, pada moral (spiritual), pada kewargaan (negara) itu sendiri. Pendidikan karakter seolah-olah merupakan cara terakhir, cara yang paling ampuh sebagai, sebagai ‘senjata pamungkas’ untuk menanggulangi berbagai bentuk kekacauan yang terjadi di tanah air. Pada tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan untuk memperkuat pendidikan karakter. PPK mengidentifikasikan lima nilai utama karakter yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai yang perlu dikembangkan sebagai prioritas, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara (2) apakah nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara layak digunakan sebagai bahan ajar di SMA. Adapun tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. (2) mendeskripsikan kelayakan nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara sebagai bahan ajar di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Pendekatan ini dilakukan 5 tahap, yaitu (1) membaca novel berulang-ulang, (2) memahami isi novel dan nilai-nilai pendidikan karakter yang akan dicari dalam novel serta aspek lain yang mendukung kelayakan novel Sepatu Dahlan sebagai bahan ajar sastra ke dalam kartu data (3) mengklasifikasikan datadata yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter novel Sepatu Dahlan (4) menganalisis data-data yang telah dikumpulkan berkaitan dengan nilai pendidikan karakter, dan (5) menyusun simpulan tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan. Hasil penelitian sebagai berikut (1) novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara mengandung lima nilai-nilai pendidikan karakter dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai tersebut meliputi nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. (2) berdasarkan aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Oct 2020 12:27
Last Modified: 08 Oct 2020 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39357

Actions (login required)

View Item View Item