PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE


Kharisma Putri Pratiwi, 1511416095 (2020) PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1511416095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Shopee menjadi layanan e-commerce yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Value dari transaksi yang dilakukan pengguna Shopee menjadi pertimbangan untuk melakukan pembelian ulang. Pengguna Shopee yang memiliki value negatif belum tentu tidak berniat melakukan pembelian ulang pada masa yang akan datang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penggguna Shopee yang pernah kecewa saat berbelanja melalui Shopee, tetapi tetap mengulangi pembelian pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer perceived value terhadap online repurchase intention pada pengguna ecommerce Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel berjumlah 350 pengguna Shopee yang pernah mengalami kekecewaan saat berbelanja melalui Shopee dengan teknik convenience sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala customer perceived value dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,923 dari 37 item valid serta skala online repurchase intention dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909 dari 25 item valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh customer perceived value terhadap online repurchase intention pada pengguna e-commerce Shopee. Hipotesis penelitian diterima karena diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,729 antara customer perceived value dan online repurchase intention. Hasil uji regresi diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,531 yang berarti 53,1% online repurchase intention pada pengguna Shopee dipengaruhi oleh customer perceived value.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: customer perceived value, online repurchase intention, Shopee
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 08:20
Last Modified: 08 Oct 2020 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39352

Actions (login required)

View Item View Item