PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI NASIONALISME UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X


Nor Rohmah, 2101415076 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI NASIONALISME UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI NASIONALISME UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERMUATAN NILAI NASIONALISME UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 berbasis teks yang memungkinkan peserta didik untuk menguasai dan menggunakan berbagai jenis teks dalam berkomunikasi. Pembelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia mengarahkan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulis. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 memiliki empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan tersebut, perlu dikuasai oleh peserta didik agar dapat menyampaikan pesan baik lisan maupun tulis. Teks biografi adalah salah satu materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik SMA kelas X. Peserta didik memerlukan buku referensi sebagai buku pendamping dalam pembelajaran teks biografi untuk membantu pemahaman peserta didik. Buku pengayaan teks biografi belum terlalu banyak di sekolah, khususya kota-kota kecil seperti Jepara. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang dibuatnya buku pengayaan teks biografi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah karakteristik kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan nilai nasionalisme untuk peserta didik SMA kelas X, (2) Bagaimanakah prinsip penyusunan buku pengayaan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan nilai nasionalisme untuk peserta didik SMA kelas X, (3) Bagaimanakah prototipe buku pengayaan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan nilai nasionalisme untuk peserta didik SMA kelas X, (4) Bagaimanakah validasi terhadap prototipe buku pengayaan pembelajaran menulis teks biografi bermuatan nilai nasionalisme untuk peserta didik SMA kelas X, (5)Bagaimanakah hasil perbaikan prototipe buku pengayaan dalam pembelajaran menulis teks biografi bermuatan nilai nasionalisme untuk peserta didik SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini memiliki 5 tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain prototipe, (4) validasi prototipe, dan (5) revisi desain. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X di tiga sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Jepara, SMA PGRI Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan berupa menyebaran angket kebutuhan. Penelitian ini menggunakan tiga kelas dari tiga sekolah yang berbeda untuk menemukan keragaman kebutuhan. Tidak hanya peserta didik, peneliti juga membagikan angket kebutuhan kepada pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia untuk mengetahui kebutuhan dari segi pandang pendidik. Hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terdiri atas enam aspek, yaitu (1) aspek kebutuhan buku pengayaan; (2) aspek materi; (3) aspek penyajian; (4) aspek bahasa dan keterbacaan; (5) aspek grafika; dan (6) aspek muatan nilai nasionalisme. Prototipe buku pengayaan terdiri atas tiga bagian yaitu (1) bentuk fisik buku pengayaan; (2) sampul buku pengayaan; (3) isi buku yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Validasi terhadap prototipe buku pengayaan memiliki lima aspek penilaian, yaitu (1) penilaian aspek materi/isi memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan kategori baik; (2) aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan kategori baik; (3) aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 84,4 dengan kategori baik; (4) aspek grafika memperoleh nilai rata-rata 80,4 dengan kategori baik; dan (5) aspek muatan nilai-nilai nasionalisme memperoleh nilai dengan rata-rata 81,3 dengan kategori baik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat memberi saran kepada guru pelajaran Bahasa Indonesia untuk menggunakan buku pengayaan menulis teks biografi bermuatan nilai-nilai nasionalisme selain itu buku pengayaan jyga dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran teks biografi sebagai buku pendamping serta penanaman sikap cinta Indonesia pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan buku pengayaan, keterampilan menulis, teks biografi, nilai nasionalisme
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Oct 2020 07:35
Last Modified: 08 Oct 2020 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39334

Actions (login required)

View Item View Item