PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL BERGAMBAR BERMUATAN CERITA RAKYAT BANJARNEGARA BERBASIS SASTRASAINS
Rizki Nurfarida, 2101414062 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL BERGAMBAR BERMUATAN CERITA RAKYAT BANJARNEGARA BERBASIS SASTRASAINS. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL BERGAMBAR BERMUATAN CERITA RAKYAT BANJARNEGARA BERBASIS SASTRASAINS)
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Buku-buku yang digunakan dalam pembelajaran teks fabel pada umumnya adalah buku-buku teks pelajaran secara umum yang mencakup semua materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Belum ada buku yang secara khusus membahas teks fabel. Di sisi lain siswa dan guru membutuhkan buku pembelajaran yang lengkap dan menarik. Dengan demikian, buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains diperlukan untuk menunjang pembelajaran teks fabel. Dilandasi pemikiran tersebut, peneliti bermaksud menyusun buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Adapun ruang lingkupnya adalah pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dua data yang berbeda, yaitu 1) data kebutuhan buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains, dan 2) data hasil uji prototipe buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains. Hasil penelitian tentang kebutuhan buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains yang dibutuhkan mencakup lima aspek yaitu apek materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, aspek, aspek muatan cerita rakyat Banjarnegara dalam fabel dan sastrasains. Penilaian dan saran yang dilakukan oleh validator dan ahli pembelajaran pada prototipe buku pengayaan menjadi data untuk perbaikan buku pengayaan. Saran yang disampaikan adalah siswa dan guru hendaknya memperhatikan langkah-langkah yang tersaji di dalam buku pengayaan ini dengan baik dan benar. Guru hendaknya memberi motivasi kepada siswa untuk selalu semangat belajar. Perlunya mengadakan pengembangan dan mengadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menceritakan kembali teks fabel bergambar bermuatan cerita rakyat Banjarnegara berbasis sastrasains.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks fabel, cerita rakyat, sastrasains |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 07:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 07:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39328 |
Actions (login required)
View Item |