BRAND IMAGE SMARTPHONE LOKAL DAN ASING MENGGUNAKAN METODE EKSPLISIT DAN IMPLISIT (IMPLICIT ASSOCIATION TEST)


Yurid Zaida Zen, 1511415018 (2020) BRAND IMAGE SMARTPHONE LOKAL DAN ASING MENGGUNAKAN METODE EKSPLISIT DAN IMPLISIT (IMPLICIT ASSOCIATION TEST). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1511415018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi ini teknologi semakin cepat berkembang dan memunculkan banyak inovasi yang diberikan untuk setiap konsumen salah satunya adalah dalam penjualan smartphone atau gadget. Penjualan smartphone mengalami perang dagang antara Amerika dan China yang notabene produk asing. Ditengah persaingan itu Indonesia juga mempunyai peluang bersaing diantaranya dengan beberapa brand yang tetap bertahan di pasaran, tapi tentunya butuh adanya persepsi positif sehingga membuat produk atau brand image smartphone lokal atau asing tetap bersaing dipasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran brand image smartphone lokal dan asing menggunakan metode eksplisit berupa skala dan juga behavioral measurement menggunakan implicit association test dan digambaran secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 sampai dengan 2019 yang berjumlah 50 partisipan. Penelitian ini menggunakan model analisis deskriptif dan analisis effect size. Hasil penelitian menggunakan metode eksplisit ini menunjukkan gambaran brand image pada smartphone brand lokal mempunyai nilai mean hipotetik sebesar 72% di kategori sedang, sedangkan pada smartphone brand asing mempunyai nilai sebesar 78% di kategori tinggi. Hasil penelitian menggunakan metode implisit menunjukkan 41 atau 82% partisipan memiliki asosiasi yang kuat antara brand smartphone asing dengan karakter positif, sedangkan 9 atau 18% mahasiswa partisipan memiliki asosiasi yang kuat antara brand smartphone lokal dengan karakter positif, dan hasil effect size untuk metode eksplisit brand lokal 3,772 dan brand asing 1,884 sedangkan metode implisit 7,426 yang artinya lebih baik dari metode eksp

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Implicit Association Test, self-reported.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:50
Last Modified: 08 Oct 2020 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39321

Actions (login required)

View Item View Item