KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTU MEDIA MANIPULATIF DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI TRAYEMAN 03


Indah Nur Hidayati, 1401416396 (2020) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTU MEDIA MANIPULATIF DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI TRAYEMAN 03. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416396.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru kurang inovatif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses berbantu media manipulatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran pendekatan keterampilan proses berbantu media manipulatif dibandingkan dengan pembelajaran pendekatan yang berpusat pada guru berbantu media manipulatif. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental denga bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Trayeman 03 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 63 siswa terdiri dari kelas IV A dan IV B. Sampel dari penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas IV SD Negeri Kudaile 05 Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Hasil uji hipotesis minat belajar siswa menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau –thitung < -ttabel (2,559 > 1,999 atau - 2,559 < -1,999), dan signifikansi ≤ 0,05 (0,013 < 0,05), dan uji hipotesis hasil belajar menunjukkan 3,748 > 1,999 atau -3,748 < -1,999, dan signigfikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uji hipotesis minat belajar menggunakan one sample t-test menunjukkann bahwa thitung > ttabel (3,974 > 2,042) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05), dan hasil uji hipotesis hasil belajar menunjukkan (5,399 > 2,042) dan signifikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses berbantu media manipulatif efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Trayeman 03 Kabupaten Tegal. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan pendekatan keterampilan proses berbantu media manipulatif karena lebih efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Berbantu Media Manipulatif; Minat Belajar; Pembelajaran Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:03
Last Modified: 08 Oct 2020 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39298

Actions (login required)

View Item View Item