ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA TITIK DAN KOMA PADA TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII
Fahrizal Andrianto, 2101413110 (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA TITIK DAN KOMA PADA TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF (ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA TITIK DAN KOMA PADA TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada keterampilan menulis, tata bahasa adalah hal yang perlu diperhatikan dalam menulis karya tulis khususnya yang bersifat ilmiah. Tata bahasa yang kurang tepat dapat menimbulkan pemahaman yang berbeda dari sebuah tulisan. Sebagai pemakai bahasa, kita wajib mematuhi aturan baku berbahasa yang dinyatakan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, (1) Bagaimana penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik dan koma pada teks deskripsi pada peserta didik kelas VII, (2) Apa kesalahan yang sering ditemukan pesesrta didik saat menggunakan huruf kapital dan tanda baca titik dan koma pada teks deskripsi, (3) Bagaimana perbaikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik dan koma yang sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data adalah teks deskripsi peserta didik kelas VII C SMP Negeri 36 Semarang. Metode pengambilan data dengan cara penugasan langsung secara tertulis dan kemudian dianalisis dengan bantuan media kartu data. Peneliti juga melakukan perbaikan penulisan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Dari hasil analisis dapat disimpulkan banyak peserta didik yang sering melakukan kesalahan dalam menggunakan huruf kapital di awal kalimat. Kesalahan dilakukan oleh 18 dari 25 peserta didik atau 72% dengan frekuensi kesalahan mencapai 43 kali. Namun frekuensi kesalahan paling besar ditemukan pada kesalahan penggunaan huruf kapital pada nama kota, nama orang, nama ganti dsb dengan total frekuensi kesalahan 44 kali dari 15 peserta didik atau 60% dari total 25 peserta didik. Dari ke 25 teks deskripsi peserta didik peneliti melakukan total 90 perbaikan frasa/kalimat dengan total kesalahan mencapai 135 kali kesalahan. Saran bedasarkan hasil penelitian ialah 1) pendidik untuk mengetahui wilayah-wilayah kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca titik dan koma yang sering dilakukan oleh peserta didik kelas VII, 2) Pendidik dapat menggunakan penelitian ini untuk mengembangkan metode dan model yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan tata bahasa dalam menulis pada peserta didik kelas VII.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan berbahasa, keterampilan menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 07:15 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 07:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39282 |
Actions (login required)
View Item |