PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TARUTUNG
Lusiana Margaretta Hutabarat, 3312414024 (2019) PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TARUTUNG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) TARUTUNG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan publik pada bidang kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung di peruntukkan kepada pasien/masyarakat untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan bagi masing-masing penerima pelayanan. Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan publik bidang kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung (2) Faktor-faktor penghambat dan pendorong Pelayanan Publik Bidang Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi teknik pengumpulan data, teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua sesuai dengan standar pelayanan dari Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003, yakni: prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas memberi pelayanan. Pelaksanaan pelayanan publik bidang kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung sampai sejauh ini berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat/pasien. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut: Kepada pihak RSUD Tarutung, harus selalu meningkatkan pelayanan publik bidang kesehatan kepada masyarakat/pasien agar terciptanya pelayanan yang terbaik dan dapat mewujudkan kepuasan dari masing-masing masyarakat/pasien yang berkunjung ke rumah sakit dengan melakukan evaluasi terhadap setiap pelayanan yang diberikan secara berkala, profesional, cepat, tepat, mudah dan sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Setiap pelayanan yang diberikan, harus ada transparansi baik dalam kepastian biaya dan waktu penyelesaian. Yang dapat dilakukan oleh pihak RSUD Tarutung dengan cara menginformasikan kepastian biaya dan waktu penyelesaian setiap pelayanan secara tertulis di papan informasi/pengumuman. Kelengkapan sarana dan prasarana di RSUD Tarutung yang belum memadahi sebaiknya segera dilengkapi, agar proses pelayanan kepada masyarakat/pasien dapat berjalan dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Pelayanan Publik Bidang Kesehatan, Rumah Sakit |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 13:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 13:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39253 |
Actions (login required)
View Item |