PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG


Muhammad Iqbal Firdaus, 1401414268 (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401414268.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sukses atau tidaknya kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemandirian belajar dan lingkungan belajar. Siswa yang memiliki kemandirian belajar dan lingkungan belajar yang baik akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Fakta empiris menujukkan rata-rata hasil belajar IPS terdapat beberapa siswa yang belum tuntas. Hal tersebut dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa masih kurang baik dan lingkungan belajar siswa masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Penelitian menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 103 siswa. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumen Penilaian Tengah Semester (PTS) IPS pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, serta angket kemandirian belajar dan lingkungan belajar yang telah valid dan reliabel. Analisis deskriptif menggunakan pedoman konversi skala-5 dan rumus nilai indeks. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis yaitu analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi ganda, uji koefisien regresi secara bersama-sama, dan uji determinasi. Hasil penelitian yaitu (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS dengan hasil penelitian dan korelasi keduanya sebesar (0,318) atau rendah. Besar sumbangan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 10,1%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS dan korelasi keduanya dalam kategori rendah (0,301). Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 9,0%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,348). Besar sumbangan kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 10,4%. Dengan demikian, terdapat pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS. Saran penelitian yaitu (1) sebaiknya siswa memanfaatkan mass media lebih baik lagi untuk menambah pengetahuan dan wawasan.(2) sebaiknya guru menerapkan metode belajar yang bervariatif untuk meningkatkan kreativitas siswa (3) sekolah hendaknya menyediakan buku dan fasilitas seperti perpustakaan untuk siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:52
Last Modified: 06 Oct 2020 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39206

Actions (login required)

View Item View Item