KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELUARGA DENGAN PROBLEM BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA


Intan Hayyu Nur Oktavida, 1301415045 (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KELUARGA DENGAN PROBLEM BROKEN HOME DI SMA NEGERI 1 KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1301415045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok pendekatan realita dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja keluarga dengan problem broken home di SMA Negeri 1 Kembang. Permasalahan yang mendasari penelitian ini karena kepercayaan diri merupakan salah satu sikap positif yang harus dimiliki oleh seseorang namun pada anak broken home sikap ini cenderung kurang dimiliki yang secara garis besar hal ini disebabkan oleh latar belakang ekonomi yang rendah serta tekanan secara psikologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one grup pre test and post test. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampelnya 6 siswa yang memenuhi kriteria inklusi, penelitian dilakukan 5 kali pertemuan dengan durasi konseling kurang lebih 45 menit dan alat pengumpul datanya adalah skala psikologis yang berisikan 30 item dengan 5 indikator yaitu keyakinan kemamapuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realitas. Skala koefisiennya adalah 0,444-0,641 denagn nilai Cronbach Alpha sebesar 0,928. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa (1) analisis statistic deskriptif untuk menggambarkan tingkat kepercayaan diri remaja keluarga dengan problem broken home sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, (2) pengujian hipotesis melalui analisis uji Wilcoxon untuk membuktikan keefektifan konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja keluarga dengan problem broken home. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data yang dilakukan terdapat peningkatan kepercayaan diri remaja keluarga dengan probleem broken home sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok pendekatan realita efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja broken home. Hasil uji perhitungan uji Wilcoxon diperoleh P sebesar 0.027. Adapun pengambilan keputusan dalam uji Wilcoxon, jika P < 0.05, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Adapun hasil uji hipotesis dari hasil olah data yang didapat adalah 0.027 hal ini berarti bahwa P < 0.05. Maka hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok pendekatan realita efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja keluarga dengan problem broken home SMA N 1 Kembang. Sehubungan dengan hasil penelitian diatas diharapkan guru BK dapat bekerjasama melakukan kolaborasi dalam mengaplikasikan pendekatan realita melalui konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja keluarga dengan problem broken home.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, konseling kelompok, pendekatan realita.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:29
Last Modified: 06 Oct 2020 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item