PROFIL NARAPIDANA KASUS PEMBUNUHAN DALAM TINJAUAN KERANGKA KERJA RESPECTFUL PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG


Vrimadieska Ayuanissa Waluyan, 1301415014 (2020) PROFIL NARAPIDANA KASUS PEMBUNUHAN DALAM TINJAUAN KERANGKA KERJA RESPECTFUL PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1301415014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil narapidana kasus pembunuhan yang ditinjau menggunakan kerangka kerja RESPECTFUL. Desain dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan subyek penelitian yang digunakan berjumlah tiga orang narapidana yang melakukan tindak pidana pembunuhan. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini memanfaatkan model Miles dan Huberman untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Untuk memeriksa keabsahan data yang didapatkan peneliti ini menggunakan triangulasi dan membercheck sehingga data yang didapatkan tidak hanya kredibel tetapi penafsirannya juga disepakati oleh pemberi data. Hasil penelitian mendeskripsikan profil narapidana kasus pembunuhan terkait 10 aspek, antara lain: 1) Religious or Spiritual identity (identitas religius atau spiritual), 2) Economic class background (latar belakang kelas ekonomi), 3) Sexual identity (identitas seksual), 4) Level of psychological maturity (tingkat kematangan psikologis), 5) Ethnic or racial identity (identitas etnis atau rasial), 6) Chronological or development challenges (tantangan-tantangan kronologis atau perkembangan), 7) Various form of Trauma and other threats to one’s sense of well-being (Trauma dan ancaman-ancaman lain terhadap kesejahteraan individu), 8) Family background and history (sejarah dan latar belakang keluarga), 9) Unique physical characteristic (karakteristik fisik yang unik), 10) Location of residence and Language difference (lokasi atau tempat tinggal serta perbedaan-perbedaan bahasa). Berdasarkan hasil tersebut, maka diharapkan konselor ataupun psikolog Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang, dapat mengenal dan memahami narapidana secara holistik sehingga dapat melakukan layanan konseling yang sesuai dan efektif guna memaksimalkan kegiatan pembinaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Narapidana, Pembunuhan, RESPECTFUL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:25
Last Modified: 06 Oct 2020 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39199

Actions (login required)

View Item View Item