PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA


Nurdiasih Pertiwi, 4001415039 (2019) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKS berbasis model guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada kelas VIII G dan VIII H. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan desain penelitian berupa One Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP N 1 Bergas, terpilih kelas VIII G dan kelas VIII H yang keduanya diberi perlakuan sama. Penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Pengaruh LKS berbasis model guided inquiry terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa dianalisis menggunakan uji N-gain, serta uji perbedaan rata-rata berupa uji Mann Whitney dan uji t. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains pada kelas VIII G sebesar 0,69 dengan kriteria sedang, sedangkan pada kelas VIII H diperoleh faktor gain sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Selanjutnya, peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas VIII G sebesar 0,44 dengan kriteria sedang dan 0,46 pada kelas VIII H dengan kriteria sedang. Perbedaan peningkatan yang signifikan juga didukung oleh hasil perhitungan uji Z dan uji t dan. Hasil uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung 19,48 > Ztabel 1,96 untuk KPS, sedangkan hasil uji t menghasilkan menghasilkan thitung 13,68 > ttabel 2,00 untuk kemampuan kognitif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh LKS berbasis model guided inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja siswa berbasis model guided inquiry, keterampilan proses sains, dan kemampuan kognitif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:01
Last Modified: 05 Oct 2020 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39157

Actions (login required)

View Item View Item