PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE DIGITAL STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI


Septia Nurkhalisa, 4001415021 (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE DIGITAL STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE DIGITAL STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE DIGITAL STORYTELLING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI) - Published Version
Download (667kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dan implementasi Kurikulum 2013 memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mampu mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Kurikulum 2013 bagi peserta didik adalah terasahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu jenis keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan metakognisi. Hal ini tercantum dalam keputusan Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 yang menyatakan bahwa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) peserta didik dalam dimensi pengetahuan juga harus mencakup kemampuan metakognisi. Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki seseorang untuk mempu mengatur dan memeriksa proses berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Science Digital Storytelling terhadap kemampuan metakognisi peserta didik serta menganalisis seberapa besar pengaruhnya. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent-Groups Pretest-Posttest Control Group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling. Penelitian ini berhasil menemukan bahwa kemampuan metakognisi peserta didik yang terdiri dari lima level kemampuan metakognisi mengalami peningkatan capaian jumlah peserta didik pada kelas kontrol berada pada level 2 sebanyak 3%, level 3 sebanyak 3%, dan level 4 sebanyak 6%. Sementara itu, peningkatan capaian persentase peserta didik kelas eksperimen berada pada level 4 adalah 12% dan level 5 adalah 25%. Besar n-gain berada pada kategori rendah pada kelas kontrol dan sedang pada kelas eksperimen. Hubungan Science Digital Storytelling perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh nilai r sebesar 0,85 yang berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara Science Digital Storytelling terhadap kemampuan metakognisi peserta didik. Hasil pengujian terhadap pengaruh media Science Digital Storytelling didapatkan hasil bahwa nilai sig-2 tailed 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media Science Digital Storytelling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan metakognisi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Science Digital Storytelling, kemampuan metakognisi, tema Klasifikasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:04
Last Modified: 05 Oct 2020 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39142

Actions (login required)

View Item View Item