Pembelajaran Menulis Cerpen
Agus Nuryatin, Agus Nuryatin and Retno Purnama Irawati, Retno Purnama Irawati (2016) Pembelajaran Menulis Cerpen. Penerbit Cipta Prima Nusantara, Semarang. ISBN 9 78-502-8054-88-1
Preview |
PDF (Pembelajaran Menulis Cerpen)
- Published Version
Download (971kB) | Preview |
Abstract
Cerita pendek, daripada bentuk karya sastra prosa yang lain yaitu novelet, novel dan atau roman, memiliki bentuk yang paling pendek. Bentuknya yang pendek memberi keuntungan bagi proses berlatih menulis kreatif. Pembelajar yang duduk di jenjang sekolah dasar akan lebih mudah berlatih menulis cerita pendek daripada menulis novelet, novel, maupun roman. Selain itu, proses pembelajaran menulis cerita pendek dapat disesuaikan dengan alokasi waktu yang disediakan oleh kurikulum yang relatif sedikit untuk ukuran sebuah proses menulis kreatif.Cerita pendek merupakan bentuk karya sastra yang digemari dan banyak dibaca orang, terutama sesudah tahun 1950. Hal itu terbukti dari percepatan penerbitan buku kumpulan cerpen. Sampai tahun 1983 rata-rata setiap tahun terbit buku kumpulan cerpen sebanyak 5 buah. jumlah itu meningkat tajam, sampai tahun 2005 rata-rata setiap tahun terbit 20 buah kumpulan cerpen. Bukti lainnya adalah pada saat ini hampir setiap surat kabar (terutama melalui edisi minggunya) dan majalah selalu menyediakan ruangan khusus untuk cerpen. jika keterampilan menulis cerita pendek ditekuni, maka dapat menjadi sebuah profesi. Terdapat sejumlah fakta mengenai kemungkinan dijadikannya penulisan cerita ini sebagai sebuah profesi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 14:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 14:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39135 |
Actions (login required)
View Item |