PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP UANG KEMBALIAN JASA PARKIR (STUDI PADA JASA PARKIR DI KOTA SURAKARTA)


SETYO SRI PRIHATIN , 8111416230 (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP UANG KEMBALIAN JASA PARKIR (STUDI PADA JASA PARKIR DI KOTA SURAKARTA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416230.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Transaksi perparkiran adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh mayarakat, karena banyaknya kebutuhan masyarakat untuk menggunakan jasa layanan parkir maka diberlakukanlah aturan untuk mengatur kegiatan perparkiran di Kota Surakarta. Petugas parkir yang menjadi pelaksana kegiatan perparkiran seringkali tidak melakukan kewajibannya dengan baik, terutama dalam memberikan uang kembalian kepada konsumen pengguna jasa parkir. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Pelayanan Petugas Parkir terhadap Konsumen Terkait Uang Kembalian Jasa Parkir? 2) Perlindungan Konsumen atas Uang Kembalian Jasa Parkir Di Kota Surakarta? Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yuridis sosiologis. Sumber data primer didapatkan dari melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data primer diperoleh melalui studi kepustakaan berupa perundang-undangan, buku, jurnal, karya ilmiah terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelayanan petugas parkir Tepi Jalan Umum di Kota Surakarta belum sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 1 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan. Konsumen banyak yang tidak sadar hak dan kewajibannya sehingga mereka tidak mengetahui apabila sedang dirugikan. (2) Perlindungan Konsumen yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan adalah menyediakan layanan pengaduan bagi konsumen yang dirugikan dan melakukan pencegahan dengan memasang mesin parkir elektronik dengan pembayaran cashless dan memberikan plang informasi terkait biaya yang harus dibayarkan. Dalam pelaksanaan tindakan sanksi yang diberikan pada petugas parkir yang melanggar hanya kebijakan intern Dinas Perhubungan. Simpulan dalam penelitian ini: (1) Pelayanan petugas parkir terhadap konsumen belum sesuai dengan aturan disebabkan petugas parkir yang tidak paham aturan dan konsumen juga tidak mengerti hak dan kewajibannya sebagai pengguna jasa. (2) Perlindungan konsumen yang dilakukan Dinas Perhubungan cukup baik dalam pencegahan dan penyediaan layanan aduan. Saran bagi Dinas Perhubungan agar memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tarif parkir, membina petugas parkir agar taat dengan aturan yang ada, menggunakan elektronik parkir dan memperjelas aturan untuk sanksi dan SOP parkir. Bagi pengelola parkir agar rutin memeriksa petugas parkir. bagi petugas parkir agar melakukan tugas sesuai dengan peraturan yang ada. Bagi konsumen agar membaca plang informasi tarif parkir di lokasi parkir dan beritikad baik dalam transaksi perparkiran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perparkiran Kota Surakarta; Pa
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 09:13
Last Modified: 05 Sep 2020 09:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39098

Actions (login required)

View Item View Item