ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, CAPITAL TURNOVER, DAN FINANCIAL STABILITY TERHADAP FRAUD FINANCIAL STATEMENT DENGAN FINANCIAL TARGET SEBAGAI VARIABEL MODERATING


BUNGA CAHYANI, 7211416066 (2020) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, CAPITAL TURNOVER, DAN FINANCIAL STABILITY TERHADAP FRAUD FINANCIAL STATEMENT DENGAN FINANCIAL TARGET SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416066.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Fraud financial statement adalah kegiatan yang sengaja dilakukan suatu pihak guna memperlihatkan kinerja yang baik dengan memodifikasi laporan keuangan yang tujuannya adalah menyesatkan pengguna laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh leverage, capital turnover dan financial stability terhadap fraud financial statement dengan financial target sebagai variabel moderating. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengambilan keputusan serta menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor properti dan real estate yang berturut- turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia, menerbitkan laporan keuangan secara berturut- turut, dan memiliki data lengkap yang dibutuhkan dalam penelitian periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah dengan purposive sampling yaitu dengan menggunakan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sampel. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang termasuk dalam kriteria penelitian sebanyak 30 perusahaan selama 3 tahun, dengan data outlier sebanyak 5 buah sehingga menghasilkan 85 unit analisis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi moderasi dan software IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capital turnover berpengaruh positif terhadap fraud financial statement, sementara leverage dan financial stability tidak berpengaruh terhadap fraud financial statement. Selain itu, financial target mampu memperkuat pengaruh leverage dan financial stability namun tidak mampu memperkuat pengaruh capital turnover terhadap fraud financial statement. Simpulan dari penelitian ini bahwa semakin tinggi nilai capital turnover maka semakin tinggi pula fraud financial statement, selain itu financial target mampu memperkuat pengaruh leverage dan financial stability terhadap fraud financial statement. Saran bagi pengguna laporan keuangan diharapkan melakukan analisis lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fraud financial statement sehingga tidak salah dalam pengambilan keputusan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan rasio keuangan lain yang dipadukan dengan faktor kecurangan lainnya dan menggunakan variabel moderating lain yang dapat memperkuat pengaruh capital turnover terhadap fraud financial statement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Capital Turnover, Financial Stability, Fraud Financial Statement, Financial Target
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 08:07
Last Modified: 05 Sep 2020 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39071

Actions (login required)

View Item View Item