Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Kredit Poin Pelanggaran Tata Tertib Dengan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang
Prima Permata Adi , 1550404006 (2011) Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Kredit Poin Pelanggaran Tata Tertib Dengan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Kredit Poin Pelanggaran Tata Tertib Dengan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Siswa merupakan orang yang terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah pada umumnya, dalam lingkungan sekolah dan proses kegiatan belajar mengajar seorang siswa tentunya tidak akan lepas dengan aturan – aturan yang telah tercantum dalam apa yang namanya tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah berguna untuk mengatur tingkah laku dan sikap hidup siswa selama berada dalam lingkup sekolah. Oleh karena itu siswa diwajibkan untuk selalu mentaati aturan – aturan tersebut. Siswa dapat dikatakan siswa yang disiplin atau memiliki kedisiplinan yang tinggi apabila siswa tersebut selalu mentaati aturan - aturan sekolah dan tidak pernah melanggar larangan – larangan yang ada dalam tata tertib begitu pula sebaliknya siswa dikatakan sebagai siswa yang tidak disiplin atau mempunyai kedisiplinan yang rendah apabila siswa yang bersangkutan selalu melanggar aturan – aturan sekolah atau tata tertib. Adapun dalam prakteknya masih banyak pelanggaran – pelanggaran atau penyimpangan tata tertib yang dilakukan siswa dan sebagai salah satu alternatif upaya penanggulangannya adalah dengan adanya hukuman atau diberikannya sanksi. Hukuman adalah pemberian stimulus tidak menyenangkan yang secara sadar dan sengaja diberikan kepada orang lain, agar orang lain tersebut mengerti akan kesalahannya dan bersedia dengan tulus mengubah perilaku yang menyebabkan ia dihukum. Adapun bentuk hukuman yang diberikan sangatlah beragam salah satunya dengan adanya kredit poin pelanggaran. Pemberian kredit poin pelanggaran dapat berjalan dengan lancar apabila siswa juga telah memiliki pengetahuan mengenai kredit poin pelanggaran Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes yang menjadikan keseluruhan anggota populasi sebagai subjek penelitian, Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel Pengetahuan tentang kredit poin pelanggaran dan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pengetahuan dan skala kedisiplinan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data inferensial, dan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pearson correlasi sebesar 0,517 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pengetahuan siswa tentang kredit point pelanggaran berhubungan positif dengan kedisiplinan siswa. Disarankan kepada pihak pihak sekolah hendaknya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kredit point pelanggaran karena hal ini diyakini dapat meningakatkan tingkat kedisiplinan siswa.peraturan yang diterapkan disekolahnya dan peraturan yang ada dibuat tidak terkesan mengekang namun membentengi siswa dari berbuat menyimpang sehingga siswa benar-benar merasa terbimbing dengan adanya aturuan- aturan yang ada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Kredit Poin Pelanggaran dan Kedisiplinan, Psikologi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Sep 2011 02:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3907 |
Actions (login required)
View Item |