PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN HANDPHONE YANG TIDAK MENGGUNAKAN BUKU MANUAL BERBAHASA INDONESIA DI JOGJATRONIK MALL


DIANA AYU PUSPITASARI , 8111416022 (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN HANDPHONE YANG TIDAK MENGGUNAKAN BUKU MANUAL BERBAHASA INDONESIA DI JOGJATRONIK MALL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111416022.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Handphone merupakan alat komunikasi yang hampir dimiliki oleh setiap masyarakat. Diberlakukannya peraturan mengenai buku manual berbahasa Indonesia pada handphone adalah karena peredarannya dilakukan di Indonesia dan agar setiap orang mendapatkan informasi yang jelas dan benar agar terhindar dari kerusakan produk atau cedera yang dialami pada konsumen. Melihat masih beredarnya handphone yang tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perlindungan konsumen terhadap peredaran handphone yang tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia di Jogjatronik Mall? (2) Bagaimana pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap peredaran handphone yang tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia di Jogjatronik Mall? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif didasarkan pada jenis penelitian hukum yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Untuk memeriksa objektifitas dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pengawasan satu kali terhadap peredaran handphone yang tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia di Jogjatronik Mall dan belum efektif karena tidak menyeluruh ke semua gerai. (2) Masih banyak pelaku usaha yang tidak mengetahui mengenai apa itu buku manual berbahasa Indonesia, para pelaku usaha juga tidak memberikan informasi atau peringatan produknya secara lisan, masih ada pelaku usaha yang tidak mau melakukan ganti rugi atas produknya. Disisi lain juga karena kurangnya pemahaman konsumen mengenai hak-hak yang seharusnya didapatkan Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap peredaran handphone di Jogjatronik Mall belum efektif dilakukan dikarenakan adanya kendala yang dihadapi, yaitu karena SDM (Sumber Daya Manusia) yang kurang serta objek dan parameter yang diawasi sangat banyak. (2) Perlindungan konsumen belum terpenuhi dengan baik karena masih ada pelaku usaha di Jogjatronik Mall yang menjual handphone tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia serta kurangnya pengawasan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Saran peneliti bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk lebih mengoptimalkan pengawasan agar tidak ada lagi handphone yang tidak menggunakan buku manual berbahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pengawasan, Handphone
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:07
Last Modified: 05 Sep 2020 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39058

Actions (login required)

View Item View Item