PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL DAN PRESTISE PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2017 Universitas Negeri Semarang)


Alifia Maskhanah, 7101416108 (2020) PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL DAN PRESTISE PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2017 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416108.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan modal utama dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing. Guru sebagai salah satu sumber daya di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan meningkatkan kualitas peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penghargaan finansial dan prestise profesi guru yang mempengaruhi minat menjadi guru akuntansi dengan menggunakan variabel motivasi sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif program studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 92 mahasiswa, yaitu terdiri dari kelas Pendidikan Akuntansi A, B dan IUP. Semua mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES Angkatan 2017 merupakan sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghargaan finansial, prestise profesi guru dalam kriteria baik, serta motivasi terhadap minat menjadi guru akuntansi juga baik. Secara parsial penghargaan finansial berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru sebesar 13,03%, prestise profesi guru berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru sebesar 18,5%. Uji moderasi menunjukkan motivasi mampu memoderasi dengan memperkuat pengaruh penghargaan finansial terhadap minat menjadi guru sebesar 7,50% dan memperkuat hubungan prestise profesi guru terhadap minat menjadi guru sebesar 5,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penghargaan finansial dan prestise profesi guru berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru dan motivasi mampu memoderasi dengan memperkuat penghargaan finansial dan prestise profesi guru. Saran yang dapat diberikan yaitu agar mahasiswa aktif mencari informasi mengenai pendidikan, mengasah keberanian, berlatih public speaking serta mengikuti berbagai kegiatan pengabdian dan seminar yang berkaitan dengan mengajar dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penghargaan Finansial, Prestise Profesi Guru, Minat Menjadi Guru, Motivasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 17:08
Last Modified: 04 Sep 2020 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38991

Actions (login required)

View Item View Item