PERAN AGENCY COST DALAM MEMEDIASI PENGARUH LEVERAGE, INSTITUTIONAL OWNERSHIP, DAN BOARD OF DIRECTORS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS


Novita Widyastutik, 7101416026 (2020) PERAN AGENCY COST DALAM MEMEDIASI PENGARUH LEVERAGE, INSTITUTIONAL OWNERSHIP, DAN BOARD OF DIRECTORS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416026.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Financial distress merupakan kondisi suatu perusahaan mengalami tahap penurunan kondisi keuangan sebelum terjadinya kebangkrutan. Dilaporkan terdapat 6 perusahaan yang dihapus dari catatan Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019 karena perusahaan mengalami financial distress. Perusahaan terindikasi mengalami financial distress apabila perusahaan tersebut tidak mampu menutup biaya keseluruhan termasuk biaya modal sehingga tidak bisa menghasilkan keuntungan dan ketidakmampuan perusahaan melunasi utangnya karena nilai aktiva tidak mencukupi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage, institutional ownership, dan board of directors terhadap financial distress melalui agency cost. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode pengambilan data dokumentasi. Data diunduh melalui website idx.co.id. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 yang berjumlah 166 perusahaan. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 101 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 sebesar 4,116 yang berada dalam katerogi safe area. Terdapat pengaruh negatif antara leverage, board of directors, dan agency cost terhadap financial distress. Terdapat pengaruh positif antara institusional ownership terhadap financial distress. Terdapat pengaruh positif leverage terhadap agency cost. Terdapat pengaruh negatif board of directors terhadap agency cost. Tidak ditemukan pengaruh institusional ownership terhadap agency cost. Kesimpulan penelitian ini adalah agency cost belum bisa memediasi secara penuh variabel leverage, institutional ownership, dan board of directors terhadap financial distress. Agency cost hanya bisa memediasi secara parsial pengaruh board of directors terhadap financial distress. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah agar perusahaan memperhatikan tingkat leverage, institusional ownership, board of direcotrs, dan biaya agensi perusahaan karena dapat mempengaruhi tingkat financial distress perusahaan. Penelitian selanjutnya agar menjadikan variabel agency cost sebagai variabel independen karena variabel ini tidak powerfull untuk dijadikan variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Leverage, Institutional Ownership, Board of Directors, Agency Cost
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 15:56
Last Modified: 04 Sep 2020 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38971

Actions (login required)

View Item View Item