PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Demak Tahun Ajaran 2019/2020)


Sri Riwayati, 7101416015 (2020) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Demak Tahun Ajaran 2019/2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416015.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMK Negeri 1 Demak, diketahui bahwa tingkat keterserapan lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga tahun 2017 dan 2018 di dunia kerja masih rendah berada di bawah 80%. Selain itu, dari data penelusuran lulusan diketahui bahwa masih banyak lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang tidak bekerja sesuai dengan bidang keahliannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri (Prakerin) dan kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja di SMK Negeri 1 Demak tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Demak tahun ajaran 2019/2020 sejumlah 104 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y) sedangkan variabel independennya meliputi praktik kerja industri (Prakerin) (X1) dan kecerdasan emosional (X2), serta motivasi kerja (Z) sebagai variabel intervening. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Sedangkan alat analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri (Prakerin) terhadap kesiapan kerja (3,88%), ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja (17,89%), ada pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja (9,86), ada pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri (Prakerin) terhadap motivasi kerja (8,12%), ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja (6,40%), ada pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri (Prakerin) melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja (9,2%), ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja (8%). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa praktik kerja industri (Prakerin), kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja baik langsung maupun melalui motivasi kerja. Saran untuk meningkatkan kesiapan kerja dapat ditempuh dengan menindaklanjuti program prakerin agar sesuai dengan bidang keahlian siswa. Kemudian meningkatkan mental dan emosional siswa dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa yang didukung dengan pemberian motivasi dan informasi tentang dunia kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri (Prakerin), Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Kerja, dan Kesiapan Kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotion
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2020 15:06
Last Modified: 04 Sep 2020 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38963

Actions (login required)

View Item View Item